Ada anggapan yang cukup kuat bahwa pemerintahan Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto, akan condong ke China dan Rusia ketimbang ke Amerika Serikat. Namun, pertemuan di Singapura seperti mengirimkan sinyal bahwa pemerintahan yang baru tetap akan Pro Barat.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd J Austin III di sela-sela kegiatan forum IISS Shangri-La Dialoge 2024 di Singapura. Mereka fokus membahas modernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Prabowo menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan AS dalam kerja sama untuk memodernisasi peralatan pertahanan Indonesia untuk memenuhi kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Baca juga: Kekalahan Prabowo-Gibran di Aceh, Mualem: Tidak terlalu KO

"Hal ini penting untuk pemenuhan kekuatan pokok TNI,” kata Prabowo dalam keterangan resmi Kementerian Pertahanan yang diterima di Jakarta, Ahad.

Selain membahas modernisasi alutsista, menurut dia, pertemuan itu dilakukan untuk membahas penguatan kemitraan jangka panjang antara kedua negara, dan mendiskusikan masalah kepentingan bersama.

Dia mengatakan kedua negara juga menyadari pentingnya kerja sama bilateral dalam modernisasi pertahanan untuk mengembangkan kemampuan dalam menghadapi berbagai ancaman dengan efektif.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas diskusi yang produktif antara Indonesia dan AS dan berharap dapat terus berkolaborasi, serta memperkuat ikatan antara Indonesia dan AS.

Baca juga: Safaruddin: Prabowo janji kembalikan dana Otsus Aceh dua persen

Sebelumnya, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Jumat (31/5), menjelaskan kehadiran Prabowo dalam forum internasional itu menunjukkan peran aktif Indonesia untuk turut serta menjaga perdamaian dunia dan memelihara stabilitas.

Dia mengatakan Shangri-La Dialogue menjadi kesempatan bagi para pemimpin negara-negara dan pemangku kepentingan bidang pertahanan untuk membahas isu-isu strategis dan keamanan global.

Shangri-La Dialogue merupakan forum diskusi isu-isu strategis, geopolitik, pertahanan dan keamanan yang mempertemukan pemimpin negara, pejabat pemerintahan, analis dan ahli dari lembaga think-tank, praktisi serta akademisi. Forum itu digelar rutin tiap tahun di Singapura sejak 2002 oleh Institute for Strategic Studies (IISS).



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menhan Prabowo bertemu Menhan AS untuk bahas moderenisasi alutsista

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024