Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 120 Kodim 0116 Nagan Raya, Aceh bersama pengurus Persit Kartika Chandra Kirana, personel Polisi dan masyarakat melakukan penanaman 500 batang Mangrove di kawasan pesisir Desa Lhok, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya.

"Kegiatan tanam Mangrove ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memberikan kontribusi nyata dalammenjaga lingkungan," kata Dansataas IMMD, Kodim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Fairuzzabadi di NaganRaya, Ahad. 

Selain itu, kata dia, kegiatan ini sebagai upaya untuk memperkuat sinergi dengan masyarakat.

Menurutnya, manfaat tanaman Mangrove yaitu tanaman tersebut mampu menahan erosi laut, dan sebagai tempat tinggal hewan laut untuk mencari makanan.

"Penanaman Mangrove juga diharapkan dapat
melestarikan lingkungan dari hewan laut," kata
Fairuzzabadi menambahkan.

Dandim menyebutkan penanaman tersebut bertujuan untuk mengurangi abrasi pantai dan terpelihara nya biota laut terutama ikan.

Tanaman Mangrove juga diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Fairuzzabadi mengatakan kegiatan tanam pohon ini juga menjadi momen untuk mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat.

Dandim berharap kegiatan positif ini tidak hanya memberikan dampak langsung bagi lingkungan sekitar, tetapi juga membangun kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga alam demi keberlanjutan hidup bersama.

Baca juga: PNM tanam 10 ribu mangrove di Mangrove Park Lampulo

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024