Singkil (ANTARA Aceh) - Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil pada tahun 2017 menyalurkan Rp1,15 miliar zakat infak sedekah (ZIS) kepada fakir miskin, anak yatim, dan pengurus sara'.

Kepala Baitul Mal Aceh Singkil Ahmad Fadli melalui Kabag Pendistribusian, Warman di Singkil, Kamis menjelaskan, penerima ZIS Ramadhan 1438 Hijriah ini berjumlah 2.000 fakir miskin, para pemangku sara' dan anak-anak yatim 1.800 orang.

ZIS diserahkan langsung oleh Bupati H Safriadi sebelum dilaksanakannya buka puasa bersama, Rabu (21/6) dengan unsur pemerintah dan masyarakat Aceh Singkil.

Fakir miskin penerima ZIS di wilayah daratan Aceh Singkil 2.000 orang, selanjutnya penyerahan ZIS dilanjutkan ke wilayah kepulauan sebanyak 200 orang," ujarnya.

Lanjutnya, untuk perolehan ZIS tahun ini masih pada posisi stabil. Target pencapaian ZIS senilai Rp2,5 miliar, seperti tahun sebelumnya belum tercapai.

"Tahun ini masih ada penerima zakat yang belum menerima haknya, hal itu lantaran perolehan zakat pegawai tahun ini menurun karena zakat dari guru SMA yang sudah tunduk ke provinsi tidak bisa lagi dipotong melalui Dinas Pendidikan setempat untuk zakat pegawai," ungkapnya.

Warman mengharapkan penyaluran zakat ke depannya bisa lebih ditingkatkan, baik penerima maupun jumlah yang akan diterima, termasuk partisipasi dari perusahaan kelapa sawit yang ada di Aceh Singkil agar mau membayar infaknya.

Ia menuturkan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang baru menyalurkan infaknya yakni PT Perkebunan Nafasindo dan PT Perkebunan Socfindo namun sepertinya tidak memadai sesuai dengan betapa besar dan luasnya perusahaan Malaysia dan Belgia itu.

Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017