Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Sabang bersama rombongan Ikatan Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Aceh menggelar aksi bersih sampah kawasan pantai Sabang dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se Dunia 2024.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, Jumat, mengatakan bersih-bersih pesisir pantai Sabang Fair ini salah satu rangkaian dari Liga Pamong 2024 IKAPTK Aceh, sekaligus menyambut HUT ke 59 Kota Sabang yang akan diperingati pada 24 Juni 2024. 

"Juni ini, banyak agenda penting yang kita laksanakan, aksi bersih-bersih salah satu cara kita memeriahkannya. Dalam beberapa hari ini, kita ada pertandingan bola Liga Pamong, jadi tadi juga hadir para alumni Pamong se Aceh, yang sebelumnya ikut senam bersama ASN kita," kata Reza di Kota Sabang.

Reza mengajak masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung agar lebih peka dan peduli akan pentingnya menjaga kebersihan untuk keberlanjutan lingkungan ke depannya.

Apalagi, lanjut dia, di pesisir pantai, apabila kalau membuang sampah sembarangan maka sampah tersebut akan hanyut ke laut dan mengganggu ekosistem laut. 

"Jadi merupakan suatu keharusan bagi kita semua untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan," ujarnya.

Pada kegiatan ini, sekitar 500 kilogram sampah berhasil dikumpulkan, terdiri dari sampah organik yakni ranting kayu dan dedaunan kering, serta sampah anorganik seperti sampah kemasan plastik dan lain-lain. 

"Menjaga kebersihan bukan hanya tugas dari petugas kebersihan, melainkan tugas kita semua. Jadi mari sama-sama kita jaga kebersihan lingkungan, agar Kota Sabang yang merupakan tujuan wisata ini, lebih indah, nyaman, dan asri," ujarnya.

Baca juga: Tersengat listrik, Gajah jantan mati di Aceh Tengah

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024