Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh mempromosikan paket wisata Idul Fitri 1438 Hijriah setelah sebelumnya sukses meluncurkan Paket Wisata Pesona Ramadhan 1438 Hijriah.

"Paket wisata Idul Fitri dan unik lainnya yang dirancang tersebut merupakan bagian untuk memperkenalkan dan mempromosikan Aceh kepada wisatawan dalam dan luar negeri," kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan paket wisata yang ditawarkan tersebut disesuaikan dengan karakteristik daerah dan budaya Aceh yang Islami dengan sebutan Serambi Mekkah, yaitu Paket Wisata Pesona Lebaran di Serambi Mekkah.

Menurut dia Paket Wisata Pesona Lebaran di Aceh dirancang khusus melalui pelibatan pelaku industri pariwisata Aceh, khususnya tour operator dengan memanfaatkan momentum liburan Hari Raya Lebaran 1438 Hijriah sebagai liburan keluarga dengan suguhan berbagai daya tarik wisata, khususnya destinasi wisata budaya dan kuliner.

"Kami terus berupaya untuk mempromosikan setiap momen unik dan khusus, seperti suasana Ramadhan dan Lebaran di Aceh. Kami juga terus meningkatkan promosi dan juga paket-paket wisata menarik yang bersifat tematis, seperti pesona Ramadhan dan Lebaran di Serambi Mekkah," katanya.

Ia mengatakan lebaran di Aceh tentu sangat berbeda dengan daerah-daerah lainnya, karena keunikannya dan sarat dengan berbagai aktivitas spiritual sebagai sebuah tradisi menarik.

Ada pun kegiatan yang bisa dinikmati para pelancong dalam paket wisata Idul Fitri tersebut seperti malam takbiran, "Tot Beude" atau meriam bambu yang saling bersahutan antarkampung, Shalat Idul Fitri bersama keluarga, bersilahturahim, berziarah, menikmati sajian kuliner khas Lebaran dan mengunjungi objek-objek wisata menarik dan bersejarah lainnya.

Reza Fahlevi menambahkan bahwa ada sepuluh top destinasi yang wajib dikunjungi selama Lebaran di Aceh meliputi Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Museum Tsunami Banda Aceh, PLTD Apung Banda Aceh, Pantai Lampuuk Aceh Besar, Monumen Kilometer Nol RI Sabang, Pantai Iboih Sabang, Pantai Anoi Itam Sabang, Danau Lut Tawar Aceh Tengah, Pacu Kude Gayo dan Komplek Kerajaan Samudera Pasai Aceh Utara.

Ia mengatakan dalam mempromosikan Paket Wisata Lebaran di Aceh secara lebih luas pihaknya melibatkan pelaku industri pariwisata dan komunitas media sosial.

"Kami juga mempromosikan paket wisata tersebut dengan menggunakan hastag #MudikWisataKemana #BerlebaranKeAceh #WonderfulIdulFitri #CahayaAceh," tambahnya.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017