Asosiasi Futsal Aceh (AFA) meliburkan pemusatan latihan daerah (pelatda) persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI selama empat hari dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1445 Hijriah atau 2024 Masehi.

Ketua AFA Muhammad Zulfri di Banda Aceh, Senin, mengatakan libur pelatda diberikan kepada atlet untuk merayakan hari raya kurban bersama keluarga di kampung halaman masing-masing.

"Kami meliburkan pelatda kepada atlet selama empat hari, mulai 16 hingga 19 Juni 2024. Atlet kembali bergabung mengikuti pelatda pada 20 Juni 2024. Program pelatda persiapan ini hingga akhir Agustus 2024," kata Muhammad Zulfri.

Wakil Rektor III Universitas Samudera Langsa, Aceh, itu menyebutkan pelatda cabang olahraga futsal diikuti 20 atlet dengan enam pelatih dan seorang pembantu umum.

Cabang olahraga futsal pada PON XXI Aceh-Sumut dimainkan di Medan, Sumatera Utara. Target tim futsal Aceh pada pesta olahraga nasional empat tahunan tersebut adalah medali emas.

"Untuk memenuhi target tersebut, kami merekrut pelatih nasional, Wahyu Triyanto. Saat ini, Wahyu Triyanto menangani tim nasional futsal Brunai Darussalam. Wahyu Triyanto juga pernah menjadi asisten pelatih tim nasional Indonesia," kata Muhammad Zulfri.

Selain itu, AFA juga menjadwalkan pemusatan latihan di Pulau Jawa karena untuk memudahkan mendapatkan lawan tanding berkualitas serta menempa mental para pemain. Pemain futsal PON rata-rata berusia muda, kelahiran 2005 ke atas.

"Para pemain muda ini butuh pengalaman bertanding. Sebelumnya, kami menjajaki uji coba ke Thailand. Namun, karena kesulitan mendapatkan tim tanding yang karakternya sama dengan tim di Indonesia, maka kami putuskan uji tanding ke Pulau Jawa," kata Muhammad Zulfri.

Baca juga: DPRA ingatkan PLN untuk pastikan listrik stabil saat perhelatan PON

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024