Pemerintah Aceh telah menyerahkan sapi kurban bantuan Presiden Jokowi untuk Aceh yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah ini kepada masyarakat di Kabupaten Pidie Jaya. 

"Tadi sudah dilakukan serah terima sapi kurban Presiden ke masyarakat ke Kabupaten Pidie Jaya," kata Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Aceh, Zalsufran, di Banda Aceh, Selasa.

Sapi kurban tersebut diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah kepada Pj Bupati Pidie Jaya, Jailani, di halaman Kantor Gubernur Aceh, di Banda Aceh.

Sapi jantan kurban bantuan Presiden tersebut berjenis ras Simental, dan berusia empat tahun dengan bobot atau berat badan 920 kilogram (kg). Dibeli langsung dari peternak Aceh Besar.

Sapi kurban bantuan Presiden tahun ini lebih kecil dibandingkan Idul Adha sebelumnya yang diberikan untuk masyarakat Aceh Singkil, yakni mencapai seberat satu ton lebih atau 1.088 kg.

Baca: Tips menyimpan daging kurban, cara mencuci sangat menentukan

Zalsufran menyampaikan, setelah diserahkan kepada kabupaten penerima, maka untuk proses penyembelihan, pembagian, dan siapa saja masyarakat yang berhak mendapatkan dagingnya ditentukan oleh pemerintah daerah sendiri.

"Kalau untuk teknis penyerahannya kepada siapa saja dibagikan itu sudah ditentukan oleh pemerintah daerah (Pemkab Pidie Jaya)," demikian Zalsufran.

Untuk diketahui, selain menyerahkan sapi kurban bantuan Presiden, dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur juga menyerahkan sapi kurbannya sendiri kepada imam besar Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. 

Jenis sapi kurban Pj Gubernur Aceh juga sama dengan bantuan Presiden Jokowi, karena dibeli dari peternak yang sama. Adapun usianya baru 3,5 tahun dengan berat 800 kilogram. 

Baca: Pemerintah Aceh bersama PDHI dan FKH USK pemeriksa kesehatan hewan kurban
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024