Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat mengerahkan sedikitnya 2/3 kekuatan atau 280 orang personel guna mengamankan tahapan pelaksanaan Pilkada 2024.

“Untuk pengamanan tahapan demi tahapan Pilkada di Aceh Barat kami sudah siap,” kata Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Aceh Barat, Kompol M Nasir di Meulaboh, Selasa.

Ada pun tahapan pengamanan pilkada yang akan dilakukan tersebut di antaranya seperti melaksanakan razia cipta kondisi untuk melakukan razia pada siang dan malam hari di lokasi yang telah ditentukan.

Menurutnya, razia cipta kondisi tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan suasana kondusif di tengah-tengah masyarakat, sekaligus mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di lingkungan masyarakat.

M Nasir mengatakan razia yang dilakukan tersebut juga sebagai upaya menciptakan situasi aman dan kondusif di Kabupaten Aceh Barat, menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah siap melaksanakan pengamanan tahapan demi tahapan Pilkada Aceh Barat yang dimulai dari pendaftaran bakal calon, penetapan calon bupati dan wakil bupati.

Kemudian pelaksanaan kampanye terbuka dan kampanye tertutup serta pengamanan di hari pemungutan dan perhitungan suara, hingga selesainya penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada serentak 2024.

Khusus untuk penambahan personel, Kompol M Nasir mengatakan nantinya Polres Aceh Barat akan meminta bantuan BKO personel dari Polda Aceh.

“Sejauh ini kami belum ditemukan daerah yang rawan di Kabupaten Aceh Barat,” demikian M Nasir.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024