Pemerintah Aceh melalui UPTD Masjid Raya Baiturrahman kembali melaksanakan pawai takbir keliling berjalan kaki dan mobil hias dalam rangka menyambut dan memeriahkan malam Idul Adha 1445 Hijriah di Kota Banda Aceh, Minggu malam (16/6).

"Pawai takbir ini diikuti 25 grup (mobil hias dan pejalan kaki) dengan rute sama dengan pawai Idul Fitri sebelumnya," kata Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur, di Banda Aceh, Sabtu.

Dirinya mengatakan, rute pawai takbir keliling ini dimulai dari gerbang menara Masjid Raya Baiturrahman, kemudian menuju Simpang Kodim–Simpang Peuniti–Simpang Surabaya–Simpang Beurawe.

Kemudian, berlanjut ke Simpang Jambo Tape–Bundaran Simpang Lima–Simpang Kodim, dan berakhir kembali di depan Masjid Raya Baiturrahman. 

Saifan menyampaikan, kegiatan pawai takbir keliling tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Aceh, selain bertujuan menyemarakkan Idul Adha juga untuk memotivasi semangat takbir bagi masyarakat Aceh. 

"Dengan terlaksananya syiar takbiran melalui kegiatan pawai akan mampu memotivasi gema takbiran di hati rakyat Aceh di bumi Serambi Mekkah," ujar Saifan.

Adapun 25 grup peserta pawai yang memeriahkan malam takbiran Idul Adha ini dari remaja Masjid Al-Muhyi, Masjid Al-Furqan Gampong Beurawe, Masjid Ruhul Jadid, Masjid Babunnajah Gampong Surien, Masjid Al-Magfirah Lamdingin, dan Masjid Gampong Lamgugob.

Kemudian, Masjid Meunasah Manyang Pagar Air, Masjid Gampong Lam Geu Eu, Masjid Gampong Klieng Cot Aron, Masjid Gampong Miruek Taman, Masjid Baitul Makmur Gampong Lampeuneurut, Masjid Al-Huda, dan Masjid Pesantren Modern Al Falah Abu Lam U.

Selanjutnya, Masjid Ruhul Fata Gampong Ajun, Meunasah Baburrahmah Lampoh Daya, Meunasah Al-Furqan Gampong Mibo, Masjid Taqwa Gampong Setui, Remaja Masjid Al-Ishlahiyah Gampong Lambhuk, dan Remaja Masjid At-Taqwa Lampupok.

Lalu, Remaja Masjid Al-Hidayah Gampong Lamdom, Meunasah Gampong Lamseupeung, Gampong Lamreung Meunasah Papeun, Remaja Gampong Blang Kecamatan Meuraxa, Gampong Lamlagang, dan Gampong Meunasah Baktrieng.

Nantinya, para peserta bakal memperebutkan hadiah sebesar Rp38 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2024.

 

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024