Pemerintah Kota Banda Aceh menyebut warga kota itu telah menyiapkan sebanyak 1.408 hewan kurban untuk disembelih saat hari raya Idul Adha 1445 Hijriah, dan dagingnya bakal disalurkan secara merata, terutama bagi warga kurang mampu.

Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin, Sabtu, mengatakan pendataan hewan kurban sangat penting untuk memastikan hewan kurban dapat disalurkan ke desa atau gampong yang paling membutuhkan, terutama distribusi hewan kurban yang disiapkan oleh organisasi perangkat daerah (ODP).

"Data dulu di gampong mana yang hewan kurbannya sedikit, baru kemudian didistribusikan. Kita ingin hewan kurban ini dapat disalurkan untuk warga kita yang berhak mendapatkannya untuk dinikmati bersama keluarga dari hari raya," ujarnya di Banda Aceh.

Pemkot Banda Aceh melalui Bagian Keistimewaan dan kesejahteraan Rakyat mencatat jumlah kurban yang bakal disembelih pada Idul Adha kali ini sebanyak 1.138 ekor sapi dan 270 ekor kambing. 

Dari jumlah itu, masyarakat di gampong-gampong menyumbangkan 1.054 ekor sapi dan 253 ekor kambing. Sementara itu, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui OPD menyumbangkan sebanyak 87 ekor sapi dan selebihnya kambing.

Amiruddin meminta agar pembagian hewan kurban harus merata dan tepat sasaran, sehingga seluruh masyarakat Banda Aceh dapat merasakan kebahagiaan Idul Adha. 

“Pendekatan ini juga diharapkan dapat mengatasi ketimpangan dalam distribusi hewan kurban dan memastikan bahwa semua warga, terutama yang kurang mampu, dapat menikmati daging kurban,” ujarnya.

Selain itu, Pj wali kota juga mengingatkan kepada panitia untuk menjaga kualitas dan kesehatan hewan kurban. Panitia wajib memastikan hewan yang disembelih dalam kondisi sehat dan sesuai dengan syariat Islam.

“Hal ini penting untuk menjaga kualitas daging kurban yang akan dikonsumsi oleh masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap perayaan Idul Adha dapat mempererat tali silaturahmi antar warga serta meningkatkan rasa kebersamaan dalam merayakan hari besar umat Islam.

“Pembagian daging kurban juga menjadi momen penting untuk saling berbagi dan peduli terhadap sesama, terutama bagi mereka yang kurang beruntung,” ujarnya.

Amiruddin juga mengapresiasi partisipasi aktif dari masyarakat dan berbagai pihak yang berkontribusi dalam penyelenggaraan kurban. Maka semangat kebersamaan dan gotong royong itu harus terus dipertahankan di masa mendatang.

“Dengan penyembelihan 1.408 hewan kurban, Banda Aceh telah menunjukkan semangat berbagi yang tinggi, dan diharapkan ini akan membawa berkah dan kebahagiaan bagi seluruh warganya,” ujarnya.

Baca juga: Ketersediaan hewan kurban Idul Adha di Aceh 86.593 ekor

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024