Dalam pengembangan potensi diri seseorang, ada cara sederhana yang sebenarnya mudah dilakukan tapi tidak semua orang bisa memanfaatkannya, yaitu self-talk atau berdialog dengan diri sendiri.

Self-talk positif adalah berdialog dengan diri sendiri menggunakan kalimat positif. Meski tidak terdengar di telinga, self-talk positif dapat memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku kita sendiri.

Ketika kita mengembangkan karir maupun bisnis, adalah sebuah kerugian saat kita cenderung tidak berkata positif, baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Atasan baru ataupun calon klien kita tentu tidak akan bersimpati ketika kita lebih suka membicarakan hal negatif dan kekurangan orang lain, karena mereka mengharapkan adanya terobosan, peluang baru, dan inovasi yang lebih bermanfaat.

Baca juga: Kiat hindari Orang-orang yang Hambat Kesuksesanmu, belajar dari kisah Ibnu Battuta

Seseorang tentu tidak ingin memulai pagi hari mereka dengan kekesalan dan kemarahan, karena itu akan secara otomatis menentukan keseluruhan hari yang akan dilaluinya. 

Berikut ini empat manfaat yang kita bisa peroleh dari self-talk positif:

1. Membantu diri untuk mengambil Sisi Positif dari Suatu Peristiwa

Self-talk positif bukan berarti membohongi diri sendiri. Cara ini dilakukan agar seseorang terbiasa untuk melihat segala peristiwa dalam sudut pandang positif. Misalnya, ketika peristiwa buruk terjadi karena kesalahan Anda, melakukan self-talk positif akan membantu Anda untuk bisa belajar dari kesalahan dan melakukannya dengan lebih baik, bukannya berhenti di tempat dan menyesali masa lalu.

2. Membangun Kekuatan Mental/Tekad

Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang melakukan self-talk positif cenderung lebih kuat secara mental sehingga lebih terhindar dari kecemasan, stres, dan depresi. Self-talk positif juga dapat membuat seseorang lebih menghargai badan dan penampilannya, sehingga mencegah atau bahkan mengatasi gangguan makan.

Selain itu, orang dengan mental yang kuat juga akan mampu berpikir secara lebih jernih dalam menghadapi kesulitan atau tantangan yang dialami. Hal ini membuat mereka tidak mudah terpuruk ketika mendapatkan cobaan.

Baca juga: Menghindari Frase-Frase 'Beracun' untuk Tumbuh Kembang Anak
 
3. Meningkatkan Kualitas Hidup

Membiasakan diri melakukan self-talk positif nyatanya dapat membuat hidup Anda menjadi lebih berkualitas. Sebabnya, Anda akan menjadi lebih percaya diri dan lebih menghargai diri Anda. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membantu Anda menumbuhkan rasa optimis, harapan, serta kedamaian diri Anda di berbagai situasi.

4. Menjaga Kesehatan Fisik secara Keseluruhan

Selain menjaga kesehatan mental dan meningkatkan kualitas hidup, self-talk positif juga berdampak baik bagi kesehatan fisik kita. Kebiasaan ini membuat tubuh menjadi lebih bugar dan mencegah seseorang terkena penyakit kardiovaskular. Selain itu, daya tahan tubuh juga dapat lebih kuat dengan sering melakukan self-talk positif.

Baca juga: Cara membuat orang lain bergantung kepadamu, belajar dari Nelson Mandela
 
Ilustrasi kesehatan mental. (ANTARA/HO/Freepik)


Kata-kata positif dapat membangkitkan semangat dalam diri seseorang. Self-talk positif bisa mulai dilatih sejak dini pada anak-anak. 
Langkah ini bahkan bisa menjadi salah satu cara untuk membimbing mereka agar bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan juga mencegah terbentuknya sifat perfeksionis.

Cara memulai self-talk positif adalah membiasakan mengucapkan kata-kata positif pada saat bangun di pagi hari. Bentuknya bisa dengan mengawali pagi hari dengan berdoa mengucap syukur kepada Allah SWT. Cara lainnya bisa dengan sebelum beraktivitas Anda mengucap kata-kata positif sambil bercermin.

Itulah salah satu sebab mengapa orang dapat menjalani aktivitas harian yang sangat sibuk dengan tetap bisa ceria dan bersemangat.


Referensi: Strategi Taktis Memengaruhi dan Menaklukkan Orang Lain ~ Farco Siswiyanto Raharjo

Baca juga: Strategi Mudah Menjaga Kesehatan Mental, Rekomendasi Ahli Psikologi
 

Pewarta: Redaksi Antara Aceh

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024