Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Aceh, Ahmad Haeqal Asri lebih populer dan lebih mendapatkan akseptabilitas atau penerimaan dibanding dua kader Partai Golkar Aceh lainnya, yaitu Sabri Badruddin dan Afdhal Khalilullah.

Hasil survei periode 17-25 Mei 2024 tersebut dirilis oleh lembaga survei Poltracking Indonesia terhadap calon Wali Kota dan Calon Wakil Walikota pada Pilkada Kota Banda Aceh pada Pilkada 2024.

Berdasarkan data tersebut, Ahmad Haeqal Asri mendapatkan popularitas sebanyak 20.9 persen dengan akseptabilitas 16.7 persen.

Baca juga: KIP ingatkan pantarlih Banda Aceh turun langsung data pemilih Pilkada 2024

Lebih lebih tinggi dari Sabri Badruddin yang mendapatkan 20.6 persen dengan akseptabilitas 15.5 persen. Sedangkan Afdhal Khalilullah terpaut jauh dari keduanya, yaitu 7.6 persen dengan akseptabilitas 6.6 persen.

Untuk diketahui, Ahmad Haeqal Asri merupakan anak dari salah seorang tokoh atau kader senior Golkar yang pernah menjadi Wakil Ketua DPR Aceh periode 2014-2019 yakni Sulaiman Abda. Dan saat ini, Haeqal menjabat Ketua PMI Banda Aceh.

Selain itu, dilihat secara umum, nama-nama yang masuk ke dalam tiga besar dengan indikator dikenal dan disukai yaitu, Illiza Sa'aduddin Djamal (87.8 persen dengan akseptabilitas 81.2 persen).

Kemudian, disusul Aminullah Usman (77.0 persen dengan akseptabilitas 44.8 persen), kemudian Darwati A Gani (60.6 persen dengan akseptabilitas 43.4).

Sebagai informasi, menyambut Pilkada serentak 2024, partai Golkar menggandeng lembaga survei Poltracking Indonesia untuk melihat nilai elektabilitas kader internal sendiri di tengah masyarakat.

Kemudian, juga melakukan survei terhadap tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi baik untuk kandidat Gubernur/Wakil Gubernur Aceh, hingga Bupati/Wali Kota se Aceh.

Baca juga: KIP Banda Aceh petakan 334 TPS Pilkada 2024
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024