Presentasi kepada investor dilakukan saat perusahaan ingin menginformasikan pesan-pesan bisnis kepada para investor. Adapun presentasi tersebut dapat disampaikan melalui berbagai macam kegiatan seperti public expose, road show, conference call dan lain sebagainya. 

Tujuan dari presentasi adalah memberikan informasi yang sejelas-jelasnya guna menarik minat calon investor untuk menanamkan modal mereka pada perusahaan maupun ke sebuah negara/daerah.

Peranan investor yang sangat penting bagi perusahaan perlu menjadi perhatian khusus dari seluruh manajemen perusahaan. Dalam rangka menjaga enggament yang kuat antara investor dan perusahaan, maka perusahaan perlu untuk memberikan update informasi mengenai kinerja perusahaan, langkah-langkah strategis, dan juga kondisi keuangan terbaru perusahaan kepada para investor.

Baca juga: BI: Investasi di Aceh tumbuh melambat pada triwulan pertama 2024

Hal ini perlu dilakukan agar dapat menarik minat para investor untuk berinvestasi pada perusahaan. Tidak mudah melakukan presentasi yang berhasil menarik perhatian investor. Perlu ada persiapan untuk dapat meyakinkan bahwa presentasi bisnis yang kita lakukan dapat berhasil. Berikut beberapa tips presentasi kepada investor yang dapat di gunakan:
  1. Penguasaan terhadap topik atau materi yang akan dipresentasikan mutlak untuk dikuasai
  2. Sampaikan pesan-pesan bisnis yang penting kepada para investor
  3. Jangan melenceng dari poin-poin bisnis yang telah ditentukan
  4. Jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikan pesan kepada investor
  5. Jangan menyembunyikan pesan saat melakukan presentasi
  6. Perhatikan penggunaan kata yang digunakan dalam presentasi

Baca juga: Melirik Kemiskinan Aceh melalui Dana Otonomi Khusus (Otsus)

Komunikasi yang sukses terjadi ketika para investor menerima dan memahami sebuah pesan persis sama dengan apa yang dimaksudkan oleh komunikator. 

Hal ini bisa tercapai jika komunikator menggunakan media yang tepat, dengan cara penyampaian yang tepat, dan pada waktu yang tepat.

*Penulis adalah Communication Advisor dan Praktisi PR

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari sebagai Public Relation yang Baik
 

Pewarta: Dian Budi Wijaksono

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024