Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyatakan pengembangan pasar Induk Lambaro harus terlaksana secara terencana dan terstruktur sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan pasar berjalan efektif.

"Artinya, dinas terkait harus memantau dan mengawasi dengan baik pelaksanaan pembangunan dan pengembangan pasar terutama sanitasi dan lahan penampaungan sampah," kata Mawardi di Lambaro, Aceh Besar, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau pasar induk Lambaro Aceh Besar dan sejumlah fasilitas yang ada di pasar tersebut.

Ia menjelaskan "master plan review" pasar Induk Lambaro harus segera diselesaikan agar pengembangan dan pembangunan sarana prasarana terlaksanan secara terencana.

"Pelayanan yang dilakukan oleh pasar Induk Lambaro harus terpadu," katanya.

Selanjutnya, pengembangan jalan lintas pasar juga harus menjadi perhatian sehingga keluhan masyarakat terhadap lahan parkir dan jalan menuju pasar induk tertata dengan rapi.

"Bangun tata kelola yg baik sehingga menumbuhkan kenyamanan bagi pengunjung pasar. Idealnya sebagai pusat grosir harus ada tempat bongkar muat tersendiri bukan di jalan-jalan yang dapat menganggu lalu lintas warga," katanya.

Kadis KoperasiUKM dan Perdagangan Kabupaten Aceh Besar, Taufiq menyatakan pihaknya akan terus menata dan memperbaiki berbgai fasilitas pasar induk dan pasar-pasar lainnya di Aceh Besar.

Kami akan segera melakukan pembenahan sperti yang disampaikan Pak bupati termasuk pasar lainnya yang ada di Aceh Besar," kata Taufiq.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017