Tim Futsal Aceh melakukan pemusatan latihan selama sebulan Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan teknik pemain dalam menghadapi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut pada September 2024.

Manajer Tim Futsal Aceh Edi Darman, Senin, mengatakan training center (TC) di Pulau Jawa itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencapai target pada ajang PON XXI, dengan ambisi tim futsal Aceh bisa lolos hingga ke babak final.

"Selain itu, TC di Pulau Jawa terpaksa dilakukan karena tidak adanya lapangan futsal yang sesuai standar di Aceh," kata Edi dalam keterangan diterima di Banda Aceh.

Ia menjelaskan, Tim Futsal Aceh mulai latihan perdana pada hari ini, di lapangan Saka Futsal Camp, Kota Bekasi, Jawa Barat. Latihan perdana ini dipimpin langsung pelatih Alfi Syahri, Irwandi Mahya dan Adetama. 

Di sisi lain, Edi juga berharap dengan semangat pergelaran PON XXI, Pemerintah Aceh juga bisa mewujudkan pembangunan gedung olahraga (GOR) khusus futsal yang memenuhi standar nasional di Tanah Rencong itu.

Kata dia, selain untuk bisa berlatih talenta-talenta futsal Aceh, arena tersebut nantinya juga bisa digelar agenda olahraga futsal nasional, seperti Liga Futsal Nasional (LFN) dan Liga Profesional. 

"Kita berharap performa tim dapat terus meningkat, sehingga Tim Futsal Aceh optimis mampu bersaing dengan tim-tim terbaik dari seluruh Indonesia," kata Edi. 

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Futsal Aceh Muhammad Zulfri meminta kepada pemain untuk serius dan tetap fokus dalam berlatih. Selain itu, juga mematuhi dan menjalankan semua instruksi dari pelatih. 

"Kami bangga dengan semangat juang dan dedikasi yang ditunjukkan oleh Tim Futsal Aceh. Kami berharap mereka bisa membawa pulang medali dan mengharumkan nama Aceh di kancah nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON Aceh Bakhtiar Hasan mengatakan, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh dan Pemerintah Aceh akan menyediakan bonus besar bagi para peraih medali. 

Ia menjelaskan peraih medali emas akan diberikan bonus sebesar Rp1,5 miliar dan medali perak Rp1 miliar. 

"Jika tim futsal menargetkan lolos ke final, tentunya bonus Rp1 miliar sudah di tangan. Selain itu juga akan menjadi cabor prioritas pada PON 2028 di NTB-NTT nanti,” ujarnya.

Oleh karena itu, KONI Aceh berharap Tim Futsal Aceh dapat memberikan penampilan terbaik mereka di PON XXI Aceh-Sumut.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024