Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya) AKBP Agus Sulistianto mengajak seluruh masyarakat di wilayah itu untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar tetap kondusif menjelang pemilihan kepala daerah 2024.

"Tahapan Pilkada 2024 telah berlangsung, dan pada 27 hingga 29 Agustus ini, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati akan mulai mendaftarkan diri ke Komisi Independen Pemilihan (KIP). Saya berharap proses ini berjalan dengan lancar dan aman," katanya di Blangpidie, Sabtu.

Dalam menghadapi pilkada, Kapolres Agus menekankan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menciptakan pemilihan kepala daerah yang damai dan sejuk, tanpa adanya hujat-menghujat antara sesama pendukung calon.

"Beda pilihan bukan berarti harus bermusuhan. Mari kita saling menghormati perbedaan. Karena perbedaan itu juga rahmat, saling membangun," ujarnya.

Polres Abdya juga telah mengambil langkah konkret dengan melakukan patroli rutin di sejumlah obyek vital, terutama pada kantor-kantor penyelenggara pilkada seperti KIP dan Panwaslih, serta kantor-kantor pemerintah daerah dan sarana publik. 

“Kami juga akan melakukan pengamanan melekat pada kantor KIP dan Panwaslih kabupaten Abdya,” katanya. 

Saat ini, situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Abdya terpantau sangat kondusif. Meskipun demikian, Polres tetap waspada dan tidak terlena. Kegiatan patroli akan terus dilakukan untuk memastikan pelaksanaan pesta demokrasi di Abdya berjalan dengan baik dan aman.

Disamping itu, Kapolres Agus juga meminta masyarakat di wilayah itu untuk bijak menggunakan media sosial di tahun politik demi mewujudkan pilkada aman dan damai.

"Untuk mewujudkan pilkada yang aman dan damai, sinergisitas semua pihak, termasuk elemen masyarakat, para tokoh adat, dan tokoh agama, memiliki peran strategis dalam menciptakan situasi kondusif," ujarnya.

Baca juga: Sebelum tertangkap, Penyelundup kirim puluhan Rohingya ke Malaysia dari Abdya

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024