Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyatakan dirinya berkomitmen untuk memperhatikan pendidikan agama dan keagamaan di sekolah dari berbagai tingkatan.

"Selama kepemimpinan lima tahun mendatang, kami  akan serius memperhatikan Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan di sekolah, madrasah dan dayah di Aceh Besar," katanya di Aceh Besar, Jumat.

Pernyataan itu disampaikan dalam sambutan tertulis dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga, T Hasbi di sela-sela melepaskan Kontingen Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) Aceh Besar.

Ia menjelaskan sumber daya manusia merupakan aset daerah sekaligus modal dasar membangun daerah, di mana potensi tersebut harus dapat diaktualisasikan jika digali dan dikembangkan melalui proses pendidikan yang seimbang, terarah dan dikelola dengan manajemen yang baik.

Menurut dia kegiatan Pentas PAI merupakan bagian dari strategi pengembangan bakat dan minat peserta didik di sekolah dalam rangka mempersiapkan generasi masa depan yang berkualitas, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Ketua Kontingen Pentas PAI Aceh Besar, Juniazi menyebutkan Kontingen Pentas PAI Kabupaten Aceh Besar seluruhnya berjumlah 39 orang dengan rincian; 31 orang peserta dan 8 orang pendamping. Serta ditambah offisial sebanyak 10 orang.

"Insya Allah, kita akan mengikuti seluruh cabang yang diperlombakan dalam Pentas PAI," katanya.

Ia menyebutkan ada delapan cabang yang akan diperlombakan dan kontingen Aceh Besar menurunkan seluruh peserta. Adapun masing-masing cabang itu adalah MTQ tingkat SD, SMP dan SMA/SMK (Putra dan Putri) berjumlah 6 orang, Lomba Pidato PAI (LPP) Tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK (Putra dan Putri) berjumlah 6 orang.
 
Selanjutnya Lomba Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) Tingkat SD dan SMP (Putra dan Putri) berjumlah 4 orang, Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP) Tingkat SD dan SMP, masing-masing 3 orang putra dan/atau putri berjumlah 6 orang, Lomba Kaligrafi Islam (LKI) tingkat SMP yang kita kirim kebetulan Putri 1 orang, Lomba Seni Nasyid Tingkat SMA/SMK 4 orang putra, Lomba Debat PAI Tingkat SMA/SMK 3 orang putri dan Lomba Kreasi Busana Tingkat SMA/SMK 1 orang putri.
   
"Seluruh peserta Aceh Besar yang kita kirim adalah hasil proses seleksi yang dilakukan secara berjenjang dari tingkat satuan pendidikan, tingkat gugus, rayon sampai tingkat Kabupaten," katanya.


Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017