Singkil (ANTARA Aceh) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berharap kepada pemerintahan baru Bupati Dulmusrid dan Wakil Bupati Sazali agar memprioritaskan pengembangan sektor pariwisata di Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, mengingat potensi alamnya cukup besar.

Ketua DPC PSI Kecamatan Pulau Banyak Barat, Herlin di Singkil, Senin menyatakan, selama ini kawasan wisata Pulau Banyak masih sedikit sekali mendapat perhatian Pemkab Aceh Singkil, sehingga banyak wisatawan datang dan pergi via Medan, Sumatera Utara.

Persoalan daerah kepulauan ini mengemuka agar mendapat perhatian dari Pemerintah di level Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten. Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat merupakan dua kecamatan kepulauan di Kabupaten Aceh Singkil. Letaknya di perairan Samudra Hindia. Jumlah gugusan pulau yang ada di dua kecamatan itu sebelumnya 99 pulau besar dan kecil dan kini tersisa 66 pulau pasca gempa Aceh - Nias 2005.

Herlin merincikan beberapa potensi unggulan wisata Kepulauan Banyak di antaranya, hampir semua gugusan Pulau Banyak memiliki pantai berpasir putih yang bersih, seperti Pulau Palambak yang pantainya terbentang sepanjang 5 kilometer. Selain itu banyak terdapat titik spot menyelam dengan terumbu karang menakjubkan.

"Salah satu tempat wisata Pulau Tailana, air lautnya tenang dan jernih pemandangan bawah laut bisa dinikmati cukup dari permukaan saja tanpa harus menyelam," kata Herlin.

Menurutnya, selain menyelam di Pulau Banyak juga memiliki ombak laut yang jadi idaman para peselancar, misalnya di kawasan Bengkaru rata-rata ketinggian ombak 5-7 meter. Biasanya di penghujung tahun banyak didatangi peselancar dari manca negara.

"Ini adalah momentum sehingga harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Pemerintah baru. Kita tahu dulu semasa Gubernur Irwandi pernah menggagas festival Penyu, mungkin kedepan bisa direncanakan kembali jadi event berkala," sambung Herlin.

Herlin meyakini jika pemerintah sungguh-sungguh memanfaatkan potensi Kepulauan Banyak ini, pasti akan medatangkan pemasukan baik untuk pendapatan asli daerah maupun bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Agar semua potensi ini bisa digarap dengan baik, dia menyarankan upaya perencanaan yang baik yang bisa dimasukkan dalam rencana pembangunan baik ditingkatan kabupaten, provinsi bahkan bisa juga ke level nasional.

"Kawasan wisata Kepulauan Banyak tak kalah indah dengan kawasan wisata unggulan lainnya di Indonesia, ini hanya soal popularitas saja. Kalau ingin ini diangkat serius, kami yakin akan banyak hal-hal menarik di Pulau Banyak yang tidak ditemukan ditempat lain," ujar Herlin.


Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017