Pemerintah Aceh menyerahkan cenderamata sebagai tanda jasa kepada keluarga pahlawan, perintis kemerdekaan, veteran, dan warakawuri dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Republik Indonesia.

"Penyerahan cenderamata ini bukan sekadar seremoni, tetapi juga bentuk apresiasi yang nyata dari pemerintah Aceh terhadap para pahlawan yang telah berkontribusi besar bagi bangsa dan negara," kata Pj Gubernur Aceh, Bustami di Banda Aceh, Sabtu.

Penyerahan cenderamata dilakukan langsung oleh Pj Gubernur Aceh bersama istri, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh, diterima para ahli waris dan keluarga pahlawan, di Meuligoe Gubernur Aceh.

Adapun penerimaan cenderamata tersebut diantaranya keluarga atau  ahli waris dari pahlawan nasional Cut Meutia, Cut Nyak Dhien, Laksamana Malahayati, Mayjen Purn H T Djohan, serta sejumlah pahlawan lainnya.

Bustami mengatakan, kehadiran para tokoh penting pada prosesi ini mencerminkan penghormatan dan penghargaan yang mendalam terhadap jasa-jasa yang telah diberikan oleh para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Ia menyampaikan, penyerahan cenderamata kepada keluarga pahlawan tidak hanya sebagai simbol penghargaan, tetapi juga sebagai pengingat bagi masyarakat Aceh akan pentingnya mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya demi tanah air.

"Ini juga menegaskan komitmen pemerintah Aceh untuk terus menghormati dan mengenang jasa para pahlawan, serta menjaga nilai-nilai perjuangan yang telah mereka wariskan," demikian Bustami.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024