Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Kesehatan setempat menyatakan untuk meningkatkan pemerataan tenaga dokter di seluruh daerah salah satunya merekrut tenaga dokter baru pada tahun 2024.

"Alhamdulillah tahun ini kita akan merekrut sebanyak 30 tenaga dokter lewat jalur calon aparatur sipil negara dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja,” kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar Anita di Jantho, Selasa.

Ia menjelaskan saat ini jumlah dokter di kabupaten itu belum merata dan masih perlu penambahan sehingga tenaga dokter tersedia dengan cukup di seluruh pusat layanan dalam kabupaten itu.

Ia menyebutkan saat ini Kabupaten Aceh Besar memiliki sebanyak 81 dokter yang tersebar di 29 Puskesmas dan sebagian dari dokter tersebut sedang melanjutkan pendidikan.

“Khusus untuk daerah terpencil di Kecamatan Pulo Aceh ketersediaan dokter sudah memadai dan perlu penambahan untuk beberapa kecamatan di antaranya daerah Lembah Seulawah dan Kota Jantho,” katanya.

Ia mengatakan saat ini dokter bertumpuk di daerah perkotaan dan nantinya akan dilakukan pemetaan kembali termasuk dengan bertambahnya tenaga baru dari hasil rekrutmen tahun 2024.

Menurut dia idealnya setiap 5.000 penduduk di sebuah kawasan memiliki satu dokter sehingga upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan maksimal.

Ia mengatakan dengan penambahan 30 tenaga kesehatan tersebut nantinya jumlah tenaga dokter khususnya akan terpenuhi di seluruh fasilitas kesehatan dalam Kabupaten Aceh Besar.

Anita menyebutkan saat ini Kabupaten Aceh Besar memiliki sebanyak 29 unit Puskesmas yang tersebar dalam 23 kecamatan di daerah setempat.

Plt Direktur RSUD Kabupaten Aceh Besar dr Susi Mahdalena menyebutkan saat ini rumah sakit daerah tersebut memiliki sebanyak 375 tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya di antaranya 20 dokter umum dan 29 dokter spesialis.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024