Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof Marwan menyatakan kampus tersebut akan menerapkan kurikulum baru berbasis Outcome Based Education (OBE) sebagai upaya memastikan lulusan perguruan tinggi tersebut siap menghadapi tantangan di era saat ini.
 

"Kurikulum OBE ini menempatkan kompetensi hasil belajar sebagai tujuan utama. Kita tidak lagi hanya berfokus pada apa yang diajarkan, tetapi lebih pada apa yang dicapai oleh para mahasiswa," katanya di Darussalam, Banda Aceh, Kamis.
 

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas wisudawan sarjana, magister, doktor, profesi, spesialis, sub spesialis, sarjana terapan dan diploma untuk periode Mei – Juli 2024 sebanyak 2.353 lulusan di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh.
 

Ia menjelaskan revolusi industri dan perkembangan digital telah mengubah banyak hal dalam hidup. Di mana Pendidikan tidak lagi sekadar tentang menghafal teori atau mencapai nilai yang tinggi, tetapi tentang bagaimana kita mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi berbagai tantangan baru.
 

“Mulai semester ini USK menerapkan kurikulum baru berbasis Outcome Based Education (OBE), perubahan ini merupakan langkah besar yang USK ambil untuk memastikan bahwa lulusan kita siap menghadapi tantangan,” katanya.
 

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengatakan dalam wisuda ke-162 USK  meluluskan alumni perdana Program Studi Akuntansi Perpajakan (D4) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan dua mahasiswa internasional asal Thailand. Mereka adalah Suwaibah Maduereh dan Nuraihan Lateh dari Program Studi Pendidikan Dokter.

Baca juga: FKG USK edukasi anak penyandang disabilitas di Aceh Besar

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024