PLN Unit Induk Distribusi (UID) Aceh memproyeksikan beban puncak pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut mencapai 587,9 MW dari total daya mampu sebesar 1.046 MW.

“Artinya, dari proyeksi beban puncak pada saat penyelenggaraan PON yang akan berlangsung di Aceh ada daya cadangan sebesar 458 MW,” kata General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Aceh Mundhakir di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela kunjungan bersama Pj Gubernur Aceh Safrizal dalam rangka memastikan kesiapan penyediaan energi listrik untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Ia menjelaskan dalam menjaga keandalan energi tersebut selain suplai dari pembangkit utama, PLN juga telah menyiapkan generator cadangan untuk mendukung pasokan listrik di venue-venue dan lokasi strategis selama pertandingan nantinya berlangsung.

Adapun beberapa pasokan tersebut di antaranya 53 unit genset, 21 unit UPS, dan 28 unit UGB.

Baca: PLN tambah jaringan dan siapkan cadangan pastikan keandalan

“Langkah-langkah yang kita lakukan ini guna memastikan bahwa jika terjadi gangguan pada pasokan utama, acara tetap dapat berlangsung dengan lancar tanpa gangguan,” katanya.

Dalam memastikan keandalan, PLN juga akan menerjunkan 1.058 personil yang akan melakukan pengawasan terhadap kelancaran penyediaan pasokan listrik selama PON berlangsung. Di mana tim tersebut siap siaga untuk menangani segala masalah teknis yang timbul secara tepat dan efektif.

Dalam kesempatan tersebut Mundhakir juga ikut menjelaskan berbagai persiapan teknis dan strategis serta berkomitmen untuk memastikan ketersediaan energi yang stabil dan handal guna mendukung kelancaran seluruh rangkaian acara.

"Stadion Harapan Bangsa adalah salah satu venue penting dalam PON XXI ini, sehingga kami ingin memastikan bahwa semua persiapan, terutama terkait pasokan listrik, sudah optimal. Kami siap menjaga keandalan listrik saat PON Aceh-Sumut," kata Mundhakir di sela-sela mendampingi Pj Gubernur Aceh meninjau  instalasi listrik dan fasilitas pendukung lainnya yang telah disiapkan oleh PLN.

PJ Gubernur Aceh Safrizal turut menyampaikan apresiasi terhadap kesiapan PLN dalam mendukung acara nasional yang akan berlangsung di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

“Kolaborasi antara pemerintah daerah dan PLN sangat penting untuk memastikan kesuksesan PON XXI di Aceh,” katanya.

Baca: PLN gelar pasukan dan peralatan pastikan keandalan listrik PON Aceh-Sumut
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024