Pelaku usaha ekonomi kreatif di Banda Aceh memanfaatkan momen Pekan Olahraga Nasional PON Aceh-Sumut yang berlangsung di Provinsi Aceh untuk memproduksi pernak-pernik event olahraga dalam upaya meningkatkan pendapatan dan mendukung UMKM.

“Pembuatan pernak-pernik PON Aceh-Sumut ini merupakan inisiatif tim dalam memanfaatkan momen perhelatan event olahraga tingkat  nasional di Provinsi Aceh,” kata owner usaha Azifa digital printing Sari Fadilah di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan tim kerjanya merupakan anak-anak muda sehingga mereka kerap memanfaatkan momen yang ada untuk ikut serta andil bagian termasuk saat PON Aceh-Sumut dengan memproduksi pernak-pernik.

Adapun pernak-pernik yang di produksi seperti gantungan kunci, baju, mug, pin, gelang karet, tumbler dan stiker.

 “Artinya, pernak-pernik yang kita produksi ini tidak hanya kita jual secara eceran, tapi juga kita jual kepada para pedagang yang akan ikut menjual pernak-pernik PON pada saat pelaksanaan kegiatan ini berlangsung,” katanya.

Ia menyebutkan pernak pernik yang diproduksi tersebut di bandrol dari harga Rp20 ribu per satuan sampai Rp100 ribu per satuan.

“Kita memang memproduksi beragam pernak pernik sesuai permintaan konsumen dan tentu niat kami juga membantu para pelaku UMKM dengan harga yang ditawarkan grosiran sehingga mereka dapat menjual kembali,” katanya.

Ia menyebutkan khusus untuk gelang telah memproduksi sebanyak tiga ribuan, pin sekitar lima ribuan dan tumbler sekitar seribuan.

“Pernak pernik yang kita produksi terjadi peningkatan dan saat ini sudah kita didistribusikan ke pelaku UMKM dan untuk pemesanan selanjutnya pasti akan lebih banyak saat PON Aceh-Sumut berlangsung,” katanya.

Pihaknya juga membangun kerja sama dengan para pelaku UMKM yang ingin mencetak logo pada usaha yang dijalankan pada saat PON Aceh-Sumut termasuk melayani pemesanan pernak-pernik PON Aceh-Sumut.

Ia berharap dengan adanya momentum PON Aceh-Sumut tersebut menjadi momentum kebangkitan ekonomi masyarakat khususnya pelaku UMKM di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

Baca juga: Pj gubernur lepas kontingen Aceh untuk berlaga pada 67 cabor PON XXI

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024