Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) mempromosikan produk unggulan pada Expo UMKM Aceh dalam rangka menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Aceh.

Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Aceh Selatan Yuliani Irvana R di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan produk unggulan yang dipromosikan dalam kegiatan tersebut di antaranya minuman fermentasi pala dan pakaian motif khas daerah.

"Kami mempromosikan produk UMKM dari Aceh Selatan dalam kegiatan ini di antaranya Ber Pala, minuman fermentasi buah pala dan Putri Pala, pakaian motif khas Kabupaten Aceh Selatan serta beragam produk lainnya," katanya.

Expo UMKM Aceh dan Aceh Perkusi, kata dia, merupakan rangkaian kegiatan dalam menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut Wilayah Aceh. Kegiatan tersebut dipusatkan di Taman Ratu Safiatuddin, Kota Banda Aceh.

Yuliani Irvana menyebutkan dukungan produk UMKM Aceh Selatan ini merupakan wujud nyata dalam mendukung dan menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Aceh.

Selain produk UMKM, Pemkab Aceh Selatan juga mempromosikan pariwisata dan kekayaan cita rasa dari kabupaten di pesisir barat selatan Provinsi Aceh tersebut.

"Ini kesempatan kami memperkenalkan pariwisata dan kekayaan daerah lainnya dari Kabupaten Aceh Selatan. Apalagi, kegiatan tersebut dikunjungi kontingen PON XXI dari seluruh Indonesia," katanya.

Yuliani Irvana menyebutkan minuman fermentasi pala tersebut diminati kontingen PON XXI Aceh Sumut. Begitu juga pakaian dengan merek Putri Pala, menjadi oleh-oleh kontingen dari berbagai provinsi tersebut.

"Minuman Ber Pala ini menjadi primadona. Banyak dipesan sebagai oleh-oleh dari kontingen PON XXI di antaranya dari Papua, Bali, dan beberapa provinsi lainnya di Indonesia," kata Yuliani Irvana.
 

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024