Ketua Pengprov Kurash Aceh Muhammad Iswanto menyatakan perolehan medali yang berhasil dikumpulkan atlet cabang olahraga itu pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di luar target yang telah ditetapkan.

“Kita merasa sangat bangga dan bahagia atas pencapaian luar biasa tim Kurash Aceh pada PON XXI 2024 Aceh-Sumut. Kita pasang target satu medali emas dan hasil yang diraih tiga medali emas,” kata Iswanto saat konferensi pers di Media Center PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan atlet asal Provinsi Aceh yang turun di cabang olahraga kurash tersebut berhasil meraih lima medali terdiri dari tiga emas, satu perak, dan satu perunggu.

Menurut prestasi gemilang yang diraih atlet kurash Aceh tersebut merupakan bagian dari latihan dan kerja keras bersama dalam membina delapan atlet yang tampil di ajang empat tahunan untuk membela Serambi Mekkah.

Menurut dia satu bulan sebelum PON XXI Aceh-Sumut 2024, tim tuan rumah sudah mulai berlatih guna beradaptasi dengan sarana dan prasarana di Kota Jantho, itu.

“Alhamdulillah, kami berhasil meraih lima medali. Kami sangat terharu dan bangga atas prestasi yang luar biasa ini,” kata Iswanto yang juga Pj Bupati Aceh Besar.

Ia mengatakan dengan dukungan penuh dari semua pihak menjadikan semangat atlet kurash Aceh untuk mempersembahkanayang terbaik di tengah fasilitas yang dimiliki masih terbatas.

Wakil Ketua Umum Bidang Prestasi Kurash Aceh, Ferry S menambahkan pada tahun 2021, cabang Kurash hanya dipertandingkan sebagai ekshibisi di PON. Di mana saat itu, Aceh hanya mengirimkan dua atlet dengan prestasi satu medali emas.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024