Empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan memaparkan visi dan misi dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten setempat, Rabu.

Adapun empat pasangan calon yakni nomor urut 1 H Darmansah dan Sudirman Nj. Nomor urut 2 H Mirwan Ms dan H Baital Mukadis, nomor urut 3 Tgk Amran dan Akmal Ah serta pasangan nomor urut 4 Hendri Yono dan Mirwan.

Pasangan H Darmansah dan Sudirman Nj mengusung visi dan misi Aceh Selatan maju, mandiri, Islami, adil, dan melayani. Peningkatan pemberdayaan dan pembangunan infrastruktur di bidang pertanian, perkebunan, perikanan yang adil, dan merata.

Kemudian, membangun tempat labuh lambatnya para nelayan, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan perekonomian para korban konflik dengan membuka lapangan kerja.

Penataan lingkungan lestari untuk menjaga sumber air bersih, meningkatkan pendapatan usaha masyarakat serta meningkatkan peran aktif perempuan dalam segala lini pembangunan.

Menjaga stabilitas harga bahan pokok, pengelolaan tambang pro rakyat, pelayanan kesehatan yang berkualitas, responsif, cepat dan tanggap. penguatan tata kelola pemerintahan profesional, melayani dan berkeadilan.

Selanjutnya, pasangan Mirwan Ms dan H Baital Mukadis mengusung visi dan misi terwujudnya Aceh Selatan maju, produktif dan madani. serta misi menguatkan penerapan syariat Islam secara kaffah.

Meningkat pembangunan yang berkualitas merata dan berkeadilan.  menciptakan lapangan kerja berbasis sentral produksi dan jasa kreatif. serta mewujudkan birokrasi pemerintahan yang efektif, bersih dan melayani dengan baik.

Meningkatkan mutu pelayanan dan fasilitas kesehatan yang berkualitas, mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui kartu Aceh Selatan Sejahtera (KAS)

Serta ekonomi kerakyatan, investasi dan hilirisasi, penguatan lembaga Agama, pengelolaan potensi SDA dan meningkatkan mutu pendidikan yang berdaya saing dan modern.

Pasangan Tgk Amran dan Akmal Ah mengusung visi dan misi yakni manifestasi dari semangat dan komitmen untuk mewujudkan Aceh Selatan yang lebih maju, sejahtera, dan islami melalui pembangunan berkelanjutan dan pemerataan ekonomi yang berkeadilan.

Berikutnya, program Aceh Selatan Digital Academy yakni meningkatkan kualitas SDM, kebudayaan serta Infrastruktur produktif petani dan nelayan dan mengelola lingkungan hidup secara berkelanjutan, "Green Aceh Selatan".

Meningkatkan daya saing ekonomi daerah, memperkuat tata kelola pemerintahan, yakni sistem pelayanan terpadu serta mengentaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran dan membuat kartu sejahtera Aceh Selatan.

Pasangan Hendri Yono dan Mirwan mengusung visi dan misi dengan slogan Aceh Selatan bangkit dan bersinar. Adapun program yang diusung menguatkan pelaksanaan syariat Islam secara kaffah.

Berikutnya, melaksanakan pelayanan kesehatan yang berkualitas, serta mengoptimalisasi sarana dan prasarana kesehatan. Meningkatkan hasil pertanian dan nelayan.

Meningkatkan nilai ekonomi objek wisata serta meningkatkan produktivitas UMKM berbasis pengusaha lokal dalam penguatan ekonomi kreatif. Serta memberi insentif untuk guru-guru pengajian dan akan meningkatkan status para honorer.


 

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024