Tiga pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar deklarasi kampanye damai Pilkada 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat. 

Acara yang berlangsung dihalaman kantor bupati di Abdya, Minggu, dihadiri oleh ketiga Paslon, yaitu Salman Alfarisi - Yusran (nomor urut 1), Jufri Hasanuddin-Fakruddin (nomor urut 2), dan Safaruddin-Zaman Akli (nomor urut 3).

Deklarasi ini menjadi momen bersejarah, di mana ketiga Paslon mengucapkan ikrar Pilkada damai, dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi serta pelepasan burung merpati dan balon sebagai simbol perdamaian. 

Baca juga: KIP Abdya Tetapkan Nomor Urut pasangan Calon Bupati, begini penjelasannya

Acara ini juga dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kabupaten (Forkompimkab), yang turut mendukung terciptanya suasana kondusif selama Pilkada.

Ketua KIP Abdya Iswandi mengatakan pentingnya sportivitas dan integritas dalam setiap tahapan Pilkada.

 “Pilkada ini adalah momen yang dinanti-nantikan masyarakat untuk menentukan calon pemimpin mereka selama lima tahun ke depan. Kami berharap setiap Paslon dan tim pemenangan dapat mengedepankan sportivitas dan menyampaikan visi serta misi mereka dengan baik,” ujarnya.

Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM KIP Abdya Sayuti menambahkan bahwa deklarasi ini bertujuan untuk menyatukan pemahaman terhadap regulasi yang berlaku dalam Pilkada.

“Deklarasi ini adalah langkah awal menjelang kampanye yang nantinya akan dilanjutkan dengan penyampaian visi misi dan pelaksanaan kampanye baik secara terbuka maupun tertutup. Mari kita jaga kedamaian di Abdya dan sukseskan pelaksanaan Pilkada,” ujarnya.

Pj Bupati Abdya Sunawardi yang diwakili oleh Plt Asisten Administrasi Umum Setdakab Rahwadi Ar mengajak setiap Paslon dan tim sukses untuk bersaing dengan sehat dan menghindari fitnah serta hoaks yang dapat merusak kepercayaan masyarakat. 

“Pilkada damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa. Pemkab Abdya berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama Pilkada,” ujarnya.

Dengan semangat kebersamaan dan komitmen untuk menjaga kedamaian, deklarasi Pilkada damai ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju Pilkada yang aman, tertib, dan sukses di daerah berjulukan Bumoe Breuh Sigupai itu.

Baca juga: Tiga paslon bupati Abdya jalani uji mampu baca Al Quran

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024