Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta seluruh perawat di Aceh harus meningkatkan kompetensi kerja, sehingga layanan kesehatan ikut meningkat. 
     
"Program kesehatan di Aceh dalam lima tahun ke depan, harus lebih baik dari sekarang ini," kata Nova, saat membuka seminar kesehatan di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Ahad.
     
Hal tersebut, lanjutnya, dalam mendukung terselenggaranya layanan yang lebih baik lagi dan bermutu, sehingga program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) plus yang digagas Irwandi-Nova bisa diterapkan.
     
Ia mengaku, perawat sebagai tulang punggung pelayanan kesehatan, harus memberikan layanan prima bagi seluruh pasien terutama di Aceh. 
     
Mengingat kewajiban dan tugas perawat merupakan bagian dari keimanan seseorang di dalam agama pada daerah yang menerapkan syariat Islam.
     
"Merawat orang, adalah bagian terpenting dari tugas kemanusiaan. Karena itu, kebutuhan perawat sangat mutlak dibutuhkan," tegasnya.
     
Nova juga meminta, supaya organisasi keperawatan bisa terus meningkatkan kompetensi kerja melalui berbagai forum, sehingga lahir perawat-perawat yang handal dan terampil. 
     
Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia Aceh, Abdurrahman mengatakan, perawat hadir untuk bermitra dengan pemerintah daerah, terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 
     
"Kami berkomitmen untuk melaksanakan program pemerintah daerah dan memberi dukungan kepada Pemerintah Aceh," katanya. 
     
Dia mengaku, telah memengangkat Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Waki Gubernur Aceh Nova Iriansyah, sebagai bapak angkat bagi perawat di Aceh.
     
"Bina kami sebagai organisasi profesi dan mitra pemerintah. Gubernur dan wagub Aceh, bisa menjadi bapak angkat bagi perawat di Aceh," ujar Abdurrahman.
     
Muhibuddin, ketua panitia seminar kesehatan mengatakan, Gerakan Nasional Perawat Honor Indonesia (GNPHI) se-Aceh merupakan organisasi yang muncul karena punya pandangan sama atau senasib. 
     
Ia berujar, perawat punya tujuan yang sama dengan gubernur Aceh yaitu mewujudkan visi dan misi Aceh Hebat. 
     
"Kita (perawat), sejalan dengan misi Pemerintah Aceh yakni menjadikan Aceh hebat. Tolong diarahkan, dimana posisi kami sebagai perawat," katanya. 

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017