Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengajak masyarakat di daerah tersebut untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah dan kebun dengan menanam berbagai jenis sayuran guna memperkuat ketahanan pangan dan pengendalian inflasi.

"Mari kita manfaatkan lahan kosong di sekitar rumah untuk menanam berbagai macam sayuran, seperti cabai, jagung dan lainnya guna memenuhi kebutuhan rumah tangga dan juga mendukung program ketahanan pangan," kata Muhammad Iswanto di Jantho, Jumat.

Di sela-sela panen cabai merah di Jantho, Ia menjelaskan partisipasi aktif masyarakat dalam gerakan menanam sayuran khususnya cabai akan mampu menjaga ketahanan pangan dan menjaga kestabilan harga di pasaran menyusul tersedianya kebutuhan di masyarakat.

“Cabai merah merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi, karenanya lewat gerakan menanam menjadi bagian untuk menjaga kestabilan harga di pasaran,” katanya.

Menurut pemerintah daerah terus berupaya menjaga perekonomian daerah dengan melakukan berbagai upaya pengendalian inflasi termasuk pelaksanaan pasar murah.

Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Jakfar menyatakan pihaknya terus mendukung program pengendalian inflasi dengan memberikan bantuan kepada petani seperti menyerahkan handsprayer dan obat hama sebagai wujud dukungan pemerintah kepada para petani.

"Pemerintah tentu akan terus mendukung para petani, baik itu dengan memberikan bibit tanaman dan alat pertanian, sebagai pemantik agar masyarakat memanfaatkan lahan kosong yang ada," katanya.

Pihaknya optimistis sinergi antara pemerintah dan petani akan mampu menjaga kestabilan ekonomi dan kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024