Meulaboh (ANTARA Aceh) - Ikatan Pelajar Mahasiswa Woyla (IPELMASLA) Kabupaten Aceh Barat mengadakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat pelajar guna mempersiapkan sumber daya manusia yang kepribadian muslim sejati dan "insan qurani".

Ketua Umum IPELMASLA Banda Aceh, T Irvani Admus di Meulaboh, Selasa mengatakan, kegiatan yang dipusatkan di Gampong (desa) Padang Jawa, Kecamatan Woyla, dirangkaikan dengan momentum kegiatan halal-bihalal.

"Kegiatan ini bertujuan mewujudkan generasi pemuda yang kreatif, inovatif, inspiratif, bersosial dan bertanggungjawab serta meningkatkan sumber daya manusia  pada kalangan generasi muda, anak-anak Woyla Raya," sebutnya.

Kegiatan yang mereka laksanakan tersebut mendapat dukungan penuh dari berbagai unsur dan elemen masyarakat dari tiga kecamatan dalam wilayah Woyla Raya, baik itu dari Kecamatan Woyla, Woyla Barat dan Woyla Timur.

Kata Irvani, hasil komunikasi pihaknya dengan kalangan pelajar daerah itu, bahwa wilayah Woyla Raya tersebut, masih sangat membutuhkan kegiatan yang bersifat mendidik dalam lingkup agama agar terbentuk karakter generasi yang baik di wilayah setempat.

Sementara itu Ketua panitia pelaksana, Sara Yulis menambahkan, kegiatan tersebut akan berlangsung selama enam hari yang diikuti oleh pelajar setingkat SD, SMP, SMA dan sederajat di wilayah Woyla Raya.

"Selain menjadi ajang silaturahmi, kami juga berupaya menjaring kalangan muda yang berbakat dalam tarik suara untuk qari dan qariah ini dari berbagai tingkatan. Kegiatan kita mulai dari  tanggal 21 hingga 26 Agustus 2017," sebutnya.

Jumlah peserta yang mengikuti perlombaan tersebut yakni 312 orang dari berbagai tingkat dan bidang lomba, untuk tingkat anak-anak SD mereka juga menyediakan lomba Qasidah atau lagu-lagu bernuansa relegi, puisi, hafalan ayat pendek dan azan.

Kemudian untuk tingkat SLTP dan sederajat disediakan perlombaan cabang tilawah putra dan putri, cerdas cermat, kaligrafi, shalat jenazah, pidato dan puisi. Sedangkan untuk tingkat SMA dan sederajat sama dengan perlombaan tingkat SMP.

Pembukaan acara itu dihadiri Wakil Bupati Aceh Barat terpilih H Banta Puteh Syam, yang sekaligus menyemangati anak-anak desa setempat dan mahasiswa tergabung dalam IPELMASLA Banda Aceh untuk terus berkarya untuk negeri.


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017