Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf memiliki keinginan besar untuk mengirimkan lebih banyak putra-putri asal provinsi itu untuk magang ke Jepang.

Keinginan untuk mengirimkan lebih banyak tenaga magang lebih banyak ke Jepang tersebut disampaikan Irwandi Yusuf di sela-sela menerima kunjungan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii di kediamannya di Lampriet, Banda Aceh, Selasa.

"Dengan mengirimkan banyak tenaga magang ke Jepang maka akan dapat melahirkan lebih banyak tenaga terampil yang dimiliki Aceh di masa mendatang. Kita juga berharap kuota penerima tenaga kerja asal ke Jepang dapat ditingkatkan," katanya dalam pertemuan dengan Dubes Jepang tersebut.

Selain membicarakan masalah ketenagakerjaan, dalam pertemuan tersebut Irwandi turun membahas bidang lainnya seperti sektor ekonomi, pariwisata, mitigasi bencana dan olahraga.

"Kami juga berterima kasih untuk hubungan baik yang selama ini telah terjalin antara Aceh dan Jepang," katanya.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, mengatakan dirinya sangat kagum dan jatuh cinta pada alam Aceh yang indah. Dirinya juga kagum dengan kopi dan mie Aceh, dan berjanji akan mempromosikannya ke Jakarta dan Jepang.

Masafumi mengatakan pihaknya juga akan melanjutkan kerja sama terkait mitigasi bencana yang selama ini sudah terjalin.

"Yang terpenting, generasi masa depan harus belajar dari pengalaman tsunami generasi sebelumnya dan akan membantu Aceh terkait latihan evakuasi tsunami," katanya.

Dalam kunjungan tersebut turut dihadiri istri Dubes Jepang untuk Indonesia Masafumi, Istri Gubernur Aceh, Darwati A. Gani, Kadisbudpar Aceh Reza Fahlevi, Kepala Bappeda Aceh Azhari, Kepala Dinas tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, T Bahagia.


Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017