Meulaboh (ANTARA Aceh) - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meresmikan lokasi perkantoran Pemerintah Kabupaten Nagan Raya di Suka Makmue sebagai sentra pengawas pembangunan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Momentum peresmian pusat perkantoran ini harus dibarengi dengan pemeliharaan dan merawat wilayah agar bisa menghadirkan pencitraan yang baik. Karena itu berbagai sarana fasilitas publik harus dilengkapi," katanya di Nagan Raya, Selasa.

Irwandi Yusuf mengagumi kemampuan Bupati Nagan Raya H T Zulkarnaini atau lebih akrap disapa Ampon Bang, karena pembangunan infrastruktur daerah itu sangat pesat selama 15 tahun lalu terbentuk sebagai kabupaten defenitif di Provinsi Aceh.

Meski demikian, ia tetap mengingatkan pejabat daerah itu, untuk menyesuaikan pembangunannya ke depan dengan visi Pemerintah Provinsi Aceh, yakni terwujudnya Aceh yang bermartabat dan sejahtera melalui pemerintahan bersih, adil dan melayani.

"Nagan Raya harus menjadi rujukan pembangunan kabupaten/kota, sejalan juga dengan kualitas pelayanan publik harus menjadi perhatian kita semua, dengan demikian masyarakat dapat dilayani denga baik," sebutnya.

Irwandi kagum dengan keberhasilan pembangunan daerah itu, sejak terbentuk pada 2002 dalam masa konflik bersenjata di Aceh hingga kini mampu melakukan perubahan yang sangat menonjol dalam berbagai infrastruktur.

Sebab itu, Irwandi Yusuf mengingatkan kepada Bupati/Wakil Nagan Raya yang terpilih untuk priode 2017-2022 agar melanjutkan pembangunan yang lebih baik, terutama dalam pengelolaan sektor sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Saya akan bepesan kepada penurus Ampon Bang yang nanti akan saya lantik, saya berharap pengantinnya dapat meneruskan program yang baik telah dicanangkan pendahulunya, Nagan Raya memiliki banyak sumber daya alam, berlimpah," harapnya.

Sementara itu Bupati Nagan Raya Zulkarnaini, menyampaikan, istilah Suka Makmue diambil dari nama satu kemukiman karena berada ditengah-tengah dan letaknya sangat strategis sehingga mudah dijangkau masyarakat dari 10 kecamatan di daerah itu.

"Sengaja kita pilih di Suka Makmue karena lokasinya strategis dan mudah dijangkau. Kawasan lain sebenarnya ada, cuma kita menghindari terjadi penciutan lahan sawah dimanfaatkan menjadi kawasan perkantoran," sebutnya.

Zulkarnaini menyatakan, Nagan Raya memiliki dua bidang sumber daya alam yang dibelah menjadi wilayah pertanian dan perkebunan, wilayah perkebunan berada di kawasan pegunungan, sementara di bawah terbentang hamparan sawah ladang petani.


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017