Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Besar menyatakan terus memaksimalkan edukasi dan sosialisasi kepada seluruh masyarakat melalui kades Posyandu yang tersebar di seluruh gampong guna meningkatkan kualitas penyiapan kehidupan keluarga dan pola asuh anak.

“Kami TP PKK Aceh Besar melalui kelompok kerja 4 dan Posyandu terus melakukan edukasi dan sosialisasi kesehatan ibu dan anak serta memberikan pemahaman bagaimana pola asuh tentang bagaimana mencegah penyakit dengan hidup bersih dan sehat,” kata Pj Ketua TP PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani di Lambaro, Selasa.

Ia menjelaskan untuk meningkatkan kualitas penyiapan kehidupan keluarga dan pola asuh, pihaknya juga selalu mengarahkan setiap kader untuk terus memberikan informasi dan  bagaimana melayani akses layanan kesehatan terutama di Posyandu dengan baik.

“PKK dan juga Posyandu di seluruh gampong-gampong dalam Kabupaten Aceh Besar terus memberikan edukasi untuk hidup sehat baik dari makanan yang dimakan, lingkungan tempat tinggal harus bersih dan memiliki sanitasi yang baik.

Menurut dia yang perlu dilakukan untuk penyiapan kualitas keluarga yakni menciptakan lingkungan yang bersih, mengkonsumsi makanan yang bergizi, menyiapkan akses layanan kesehatan yang baik, meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan memanfaatkan perkarangan rumah, menyiapkan sanitasi yang baik dan menciptakan lingkungan yang ramah kesehatan.

Kemudian untuk pola asuh orang tua terhadap anak akan membiasakan anak-anak untuk bisa hidup prilaku sehat dan bersih serta makanan bergizi serta menghindari jajan yang berlebihan.

Ia menambahkan pihaknya juga sudah mengaktifkan Posyandu terintegrasi, memberikan konseling pranikah pada calon pengantin, mendorong terbentuknya Rumoh gizi gampong (RGG).

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024