Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh bertekad memperkuat kompetensi lulusan perguruan tinggi di antaranya dengan pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

“Pendirian LSP sebagai langkah strategis untuk meningkatkan daya saing lulusan di dunia kerja,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Muhammad Yasir Yusuf di Banda Aceh, Selasa.

Di sela-sela workshop pendirian LSP Perguruan Tinggi, ia  menjelaskan tanpa sertifikat profesi pendukung, lulusan akan kesulitan bersaing di dunia industri.

"Tuntutan zaman mengharuskan kita meningkatkan kompetensi lulusan. Kita berharap seluruh fakultas dan program studi untuk berkomitmen membuka sertifikasi profesi guna mendukung lulusan agar lebih siap menghadapi persaingan global,” katanya.

Baca: UIN Ar-Raniry Banda Aceh kukuhkan enam guru besar

Menurut dia jika lulusan sudah mendapatkan sertifikat lebih awal, mereka akan lebih mudah bersaing dan memberikan manfaat lebih besar bagi UIN Ar-Raniry di masa mendatang.

Acara tersebut menghadirkan sejumlah narasumber yakni Prof Dr Amilin MSi (Komisioner BNSP), Dyah Puspito Dewi Widowati (Direktur LSP BPPTIK Kemenkominfo RI) dan Fourida Masrurah (Ketua Komite Skema LSP BPPTIK Kemenkominfo RI).

Ketua Tim Pendirian LSP UIN Ar-Raniry Saiful Akmal mengatakan program tersebut bertujuan untuk memperkuat kompetensi dan profesionalisme lulusan perguruan tinggi agar sesuai dengan standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Dalam kegiatan tersebut turut dilakukan penandatanganan komitmen implementasi program LSP oleh para Dekan dan Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry sebagai bentuk dukungan nyata dalam pengembangan sertifikasi profesi di lingkungan kampus.

Baca: UIN Ar-Raniry buka prodi vokasi manajemen industri halal
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024