Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala yang tergabung dalam Tim Kroeng andil bagian dalam Kontes Kapal Indonesia (KKI) 2024 yang berlangsung di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada 23 hingga 28 Oktober 2024.

“KKI merupakan salah satu kompetisi kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” kata Ketua Tim Kroeng USK Muhammad Firdaus di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan Tim Kroeng yang ikut berkompetisi dalam kegiatan tersebut terdiri dari Muhammad Firdaus (ketua) dengan anggota Muhammad Saleh Saragih, Muhammad Rifki Islami,  Aliyatul Muthmainnah, Yella Sahya dan Aulia Rahman sebagai dosen pembimbing.

Ia menjelaskan pada KKI 2024 mempertandingkan dua cabang lomba yaitu lomba desain kapal dan lomba pembuatan prototipe dan performa. Di mana masing-masing cabang lomba dibagi dalam beberapa kategori yakni dari inovasi desain dan konstruksi (IDK), inovasi sistem permesinan dan kelistrikan (ISPK), inovasi perlengkapan khusus (IPK).

Baca: USK siap berkolaborasi perkuat transformasi digital

Kemudian pembuatan dan performa prototype autonomous surface vessel (ASV), lomba pembuatan dan performa prototype kapal electric remote control (ERC), serta lomba pembuatan dan performa prototype fuel engine remote control (FERC).

Ia mengatakan untuk tahun 2024 Tim Kroeng USK membawa satu kapal yang diberi nama Delphinus. Tim ikut berkompetisi di kategori kapal listrik dengan sistem kendali jauh (electric remote control/ERC).

“Ini merupakan keikutsertaan kita pertama di KKI, dengan persiapan yang sudah kita lakukan mulai dari awal tahun, semoga bisa memberikan hasil yang terbaik,” kata Firdaus

akil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK Prof Mustanir menyampaikan terima kasih atas kegigihan Tim Kroeng yang fokus menghasilkan inovasi.

Menurut di inovasi yang dihasilkan tersebut menjadi batu loncatan ke depannya dan lewat kompetisi tersebut nantinya tim USK akan mendapat relasi baru dan pengalaman pada bidang perkapalan.

Baca: Keranji Delight, minuman sarat manfaat inovasi mahasiswa USK dari buah lokal
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024