Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Tim SAR Pasaman, Sumatera Barat menyelamatkan empat warga Aceh yang terapung di laut akibat tiga kapal motor mengalami kerusakan di perairan Sibolga, Sumatera Utara.

"Alhamdulillah, semua kru selamat. Juga kapal motor sebanyak sembilan unit dapat kita selamatkan di perairan Sibolga-Padang," ucap Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Aceh, Abdul Malik di Banda Aceh, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya menerima informasi dari isteri salah seorang korban tentanf dua unit kapal motor nelayan yang mengalami kerusakan mesin di perairan Sibolga pada Senin, (28/8).

Tercatat seorang pelapor bernama Sari Rahayu (29), bersuamikan korban Mawardi (36), penduduk Meunasah Tuha, Kecamatan Pekan Bada, Kabupaten Aceh Besar yang melaporkan tentang musibah kerusakan kapal dalam perjalanan.

Dalam laporannya, lanjut dia, selain suaminya juga tedapat tiga orang lain yaitu Syarial (31), lalu Azwir (40), dan Efendi (36), yang kesemuanya penduduk di Aceh.

Mereka bersama sembilan orang lainnya membawa kapal-kapal nelayan bantuan dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dengan tujuan ke Padang dan transit di Sibolga.

"Pada Ahad (27/8) pukul 17.00 WIB, rombongan sembilan kapal berangkat dari Sibolga untuk tujuan Padang. Sekitar jam 22.00 WIB, dua kapal rusak mesin dan kemudi. Mereka ini, terpisah dari rombongan," katanya.

Keesokan hari, Abdul melanjutkan, isteri korban menghubungi Mawardi. Korban menyampaikan bahwa kapal yang dikemudikannya mengalami kerusakan mesin.

"Begitu kita terima laporan, kami langsung koordinasi dengan Kantor SAR Medan dan instansi terkait. Dan kemarin (Selasa, 29/8), telah kita terima informasi dari Pos SAR Pasaman dua kapal," terangnya.

"Kapal motor nelayan itu, telah sampai di Pelabuhan Air Bangis dengan baik. Berikut dengan kondisi krunya selamat," beber Abdul.


Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017