Kepolisian Daerah (Polda) Aceh mengerahkan sebanyak 36.092 personel guna mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala dan wakil kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, berlangsung pada 27 November mendatang.

“Pengerahan 36.092 personel ini untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Aceh tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh,” kata Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Aceh, Kombes Pol Heri Heriyandi kepada wartawan di Aceh Barat, Kamis.

Menurutnya, 36.092 personel yang dikerahkan tersebut terdiri dari 10.246 personel dari Polda Aceh, 6.375 orang prajurit TNI dari Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda.

Kemudian 19.408 personel dari petugas perlindungan masyarakat (Linmas).

Kombes Pol Heri Heriyandi mengatakan puluhan ribu personel tersebut nantiny akan disebar untuk mengamankan pemungutan suara Pilkada pada 27 November mendatang ke seluruh Aceh.

Ada pun jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang akan diamankan, kata dia, berjumlah sebanyak 9.704 TPS yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh.

Polda Aceh juga berharap kepada seluruh masyarakat di Aceh, KIP, Panwaslih agar turut serta mengamankan pelaksanaan Pilkada 2024 secara aman dan tertib.

Menurutnya, pengamanan Pilkada tidak hanya menjadi tanggung jawab kepolisian maupun TNI, akan tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak demi menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan di Aceh.

“Siapa pun yang terpilih, itu adalah pilihan rakyat. Mari bersama-sama kita amankan Pilkada secara aman dan tertib,” demikian Kombes Pol Heri Heriyandi.

Sementara itu, Wakapolda Aceh Brigjen Pol Misbahul Munauwar bersama Karo Ops Polda Aceh Kombes Pol Heri Heriyandi turut meninjau Gudang Logistik Pilkada 2024 di Aceh Barat.

Ada pun pejabat lainnya yang hadir diantaranya Ditrektur Samapta Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono, Kapolres Aceh Barat AKBP Andi Kirana, Pj Bupati Aceh Barat diwakili Asisten Pemerintahan Mirsal, serta sejumlah komisoner KIP dan Panwaslih Aceh Barat.

Baca juga: KIP batasi audiens debat publik Pilgub Aceh 2024

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024