Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh menyalurkan bantuan masa panik untuk korban bencana tanah longsor di Kampung Pinangan Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah. 
    
Bantuan langsung diserahkan oleh Kadis Sosial Aceh, Alhudri dilokasi pengungsian warga di Aceh Tengah, Kamis.
    
"Bantuan yang diserahkan ini merupakan perintah langsung dari Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, agar disampaikan segera untuk membantu meringankan korban bencana tanah longsor," kata Alhudri.
   
Ia menjelaskan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf terus mengikuti perkembangan pascabencana dan langsung memerintahkan untuk melakukan langkah-langkah penanganan segera. 
   
Bantuan yang disalurkan tersebut terdiri dari makanan siap saji, selimut, food ware, gula, mukena, kain sarung, matras, pelengkapan bermain anak, perlengkapan belajar anak, peralatan keluarga dan sejumlah pakaian. 
    
Kadis Sosial Aceh Tengah, Fakhruddin menyebutkan longsoran tanah yang terjadi akibat hujan lebat yang melanda kawasan tersebut pada, Selasa (29/08) sore hingga malam hari. 
    
Fakhruddin menyebutkan satu rumah rusak berat akibat timbunan longsoran tanah dan tujuh rumah disekitarnya terkena imbas. 
    
"Delapan keluarga yang mengungsi sementara di tenda. Untuk kerusakan yang terjadi diantaranya satu rumah rusak berat sementara tujuh rumah lainnya disarankan untuk tidak ditempati sementara karena kita masih melihat ada patahan-patahan tanah yang dikhawatirkan muncul longsor susulan," kata Fakhruddin. 
   
Selain tenda darurat dan menyalurkan kebutuhan logistik masa panik, pihak Dinas Sosial Aceh Tengah dibantu Dinas Sosial Aceh untuk membangun dapur umum lapangan di lokasi pengungsian.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017