Bunda  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar mendapatkan pembekalan Paud Holistik Integratif (HI) dalam upaya meningkatkan peran dan fungsi dalam menjalankan tugas.

“PAUD Holistik Integratif yaitu untuk menyediakan layanan yang terintegrasi dan selaras bagi anak usia dini,” kata Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Kabupaten Aceh Besar Cut Rezky Handayani di sela-sela sosialisasi PAUD HI di Ingin Jaya, Kamis.

Ia menjelaskan pembekalan tersebut bertujuan agar seluruh bunda PAUD di Aceh Besar dapat memahami tujuan dan manfaat dari PAUD HI secara mantap, sehingga bisa maksimal dalam melaksanakan tugas fungsinya sebagai Bunda PAUD di Kecamatan.

"Kita berharap lewat pembekalan ini seluruh bunda PAUD di tingkat kecamatan khususnya hingga gampong/desa bisa memahami secara utuh sehingga kehadirannya memberikan dampak signifikan terhadap pendidikan anak usia dini,” katanya.

Baca: Bunda PAUD: 80 persen anak diantar orang tua hari pertama sekolah

Ia mengatakan layanan tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan anak secara menyeluruh, mencakup aspek gizi, kesehatan, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan bagi anak, untuk terus mewujudkan anak sehat ceria dan berakhlak mulia.

PAUD HI adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

Ketua Panitia Pelaksana Rahmadaniaty mengatakan dalam pembekalan PAUD HI tersebut para bunda PAUD juga mendapat pelatihan publik speaking sebagai upaya memantapkan mereka untuk menyampaikan berbagai pesan kepada seluruh masyarakat.

Baca: Bunda PAUD Aceh Besar tandatangani komitmen bersama tata tertib sekolah
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024