Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menjalin kerja sama dengan International Institute for Peace and Development Studies (IIPDS) untuk membuka kelas internasional.

“Kedua pihak menyepakati berbagai rencana teknis, termasuk pembukaan kelas yang akan berlangsung di dua lokasi, yaitu Banda Aceh dan Bangkok,” kata Rektor UIN Ar-Raniry Prof Mujiburrahman di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan dalam pertemuan di Bangkok, Thailand, UIN dan IIPDS sepakat untuk membuka program Magister (S2) Peace and Development Studies di UIN At-Raniry Banda Aceh dan Bangkok.

Menurut dia pembukaan kelas internasional tersebut akan berjalan selama empat semester, dengan satu semester di setiap lokasi dan satu semester untuk penelitian lapangan serta penyusunan tesis.

Ia mengatakan IIPDS akan memberikan akomodasi bagi mahasiswa internasional, sementara UIN Ar-Raniry akan menyediakan fasilitas hunian bagi dosen pengajar.

“Kerjasama ini sangat substansial untuk mewujudkan visi internasional UIN Ar-Raniry dalam bidang pendidikan perdamaian. Kerja sama ini tidak hanya menargetkan peningkatan kualitas akademik tetapi juga pencapaian predikat World Class University (WCU) melalui keterlibatan dosen dan mahasiswa luar negeri dalam program internasional,” katanya.

Mujiburrahman menambahkan bahwa kelas internasional yang akan berlangsung dua semester di Aceh dan dua semester di Thailand memiliki empat mata kuliah setiap semesternya dengan fokus utama pada pengembangan masyarakat dan perdamaian.

“Kami berharap kolaborasi ini tidak hanya memperkuat posisi UIN Ar-Raniry di kancah pendidikan internasional tetapi juga memberikan ruang kajian perdamaian yang komprehensif untuk mahasiswa di Asia Tenggara dan sekitarnya,” demikian Prof Mujiburrahman.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024