Banda Aceh (ANTARA Aceh) -  Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh Prof Samsul Rizal menyatakan universitas memiliki peran sentral dalam mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Peran itu diwujudkan dengan memberikan pelayanan teknologi dan informasi bagi pegiat UMKM, penyedia portal dan mengembangkan aplikasi UMKM daerah, menghadirkan tenaga teknologi dan informasi yang berkompeten, sekaligus menjadi agent of change," kata Samsul Rizal di Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela menjadi salah satu pemateri di Seminar Nasional Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (FesTIK) yang berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah.

Ia menjelaskan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berbasis aplikasi dan teknologi informasi akan memudahkan perekonomian masyarakat dan memberikan kontribusi nyata bagi negara.

"Pemakaian internet positif juga membantu mencerdaskan bangsa sekaligus membantu perekonomian masyarakat. Saat ini perekonomian masyarakat mulai bergeser dari yang berbasis sumber daya alam ke perekonomian berbasis ilmu pengetahuan," katanya.

Menurut dia kalau dulu mahasiswa yang duduk di warung kopi dianggap buang-buang waktu, tetapi sekarang mereka membuka bisnis berbasis online. Perubahan tersebut juga mendorong mahasiswa membuka bisnis kuliner, pertanian, peternakan, kerajinan tangan, starup, dan beragam bisnis lainnya.

"Kemudahan teknologi ini juga telah mengubah cara masyarakat dalam menjalankan bisnis," kata Samsul.

Ia menambahkan Unsyiah telah mengadakan seminar dan pelatihan kewirausahaan, program mahasiswa wirausaha, entrepreneurship sharing session, career day, dan education expo, dan beragam kegiatan yang berbasis TIK.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017