Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan  Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 2017 merupakan salah satu upaya meningkatkan pemahaman pentingnya literasi internet untuk mewujudkan masyarakat informasi Indonesia yang berdaulat.

"Kegiatan ini juga bertujuan membangun literasi internet masyarakat, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), sebagai pilar ekonomi digital Indonesia," katanya di sela-sela membuka Festival TIK di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah sebuah ekosistem yang bergerak bersama-sama dan kemampuan untuk menguasai bidang tersebut merupakan persyaratan mutlak dalam mewujudkan masyarakat berbasis perekonomian dan sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"TIK pada dasarnya juga terkoneksi dengan salah satu program unggulan pemerintah Aceh yaitu Aceh SIAT (Sistem Informasi Aceh Terpadu)," katanya.

Festival Teknologi Informasi danKomunikasi (TIK) Nasional Tahun 2017 yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia di gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh tersebut bertajuk "Beusajan syedara tapeubeudoh nanggroe deungon teknologi" yang maknanya "Bersama saudara kita bangkitkan Aceh dengan teknologi".

Ia menambahkan, kegiatan tersebut selian untuk meningkatkan penggunaan internet untuk sosialisasi wisata Indonesia secara menyeluruh, serta dapat dimanfatkan membangun kapasitas Relawan TIK Indonesia sebagai bagian dari masyarakat informasi, penggerak ekonomi dan sosial berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017