Bireuen (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh, akan membangun bandara untuk pesawat berbadan kecil untuk memperlancar hubungan transportasi dari dan ke daerah itu.

Kepala Dinas Perhubungan Bireuen Mulyadi saat ditemui wartawan di Bireuen, Jumat mengatakan saat ini masih dalam proses survey oleh Dinas Perhubungan Provinsi Aceh dan lahannya sudah ada tinggal tahap proses pembebasan dari masyarakat.

"Setelah proses pembebasannya nanti selesai, baru diserahkan ke provinsi untuk menilai harga tanah tersebut dan kemudian untuk dilakukan penyerahan hasilnya, setelah itu baru dilakukan pembangunannya," katanya.

Lahan yang dipergunakan untuk sarana pendukung bandara ini nantinya terdiri dari lahan milik masyarakat seluas 700 meter persegi dan kemukinan besar lahan akan bertambah lagi.

Saat ditanyai wartawan dimana lokasinya, ia menyatakan, untuk lokasinya masih dirahasiakan dulu.

Mulyadi menambahkan untuk pembebasan lahan ini nantinya dilaksanakan oleh tim yang terdiri dari BPN kabupaten/kota yang setelah mendapat penunjukan dari BPN Kanwil serta Dinas Pertanahan Kabupaten dan SKPD yang terkait sesuai dengan Undang-Undang No. 2/2012.

Mulyadi juga menambahkan kalau sudah ada bandara dipastikan akan banyak masyarakat diuntungkan, belum lagi mereka yang berada didekat bandara tersebut.

Kenyamanan itu tak hanya dinikmati masyarakat, namun juga sangat menguntungkan daerah. Jadi, masyarakat yang tinggal di Kabupaten Bireuen yang ingin berpergian dengan mengunakan pesawat, tak butuh waktu lama lagi ke Lhokseumawe dan Banda Aceh, katanya.


Pewarta: Yudi Wbc

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017