Singkil (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil membantu dana senilai Rp1 miliar untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 di daerah itu.

Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali  pada upacara membuka kegiatan TMMD Kodim Singkil di Lae Riman, Kecamatan Simpang Kanan,  Aceh Singkil, Rabu menyatakan, kegiatan tersebut sangat penting dan dinantikan masyarakat, sehingga dianggarkan pada APBK Perubahan 2017.

Dikatakan, pembukaan akses dari Desa Lae Riman dan Desa Silatong merupakan dambaan masyarakat selama bertahun-tahun.

"Jalan yang akan menghubungkan dua desa itu telah membuka akses perkampungan yang masih tersembunyi," kata Sazali.

Setelah dibukanya jalan penghubung dua desa itu, sudah pasti akan memudahkan masyarakat untuk membawa hasil perkebunan dan pertanian keluar desa dan membawa kemajuan daerah yang lebih baik.

Sazali berharap setelah ada jalan baru penghubung dua desa ini, masyarakat yang berada di lokasi perkampungan banjir bisa pindah ke lokasi jalan baru menuju Desa Silatong, agar terbebas dari banjir setiap tahun.

Sementara Dandim 0109 Aceh Singkil Letkol Kav Kapti Hertantyawan melaporkan kegiatan TMMD di Desa Lae Riman menggerahkan 150 personel Satgas Kodim 0109, Yonif 115 Macan Louser, Polres Aceh Singkil serta melibatkan masyarakat setempat.

Selain pembiayaan APBK Perubahan yang akan dianggarkan senilai Rp1 miliar untuk TMMD termasuk anggaran dari Mabes TNI, katanya.

Pembiayan dari Kodim 0109 yang meliputi pembiayaan rehab, alat berat, Serpas pasukan, uang makan pasukan dan uang saku pasukan, yang seluruhnya didukung oleh Kepala Staf Angkatan Darat. Termasuk bantuan alat kelengkapan pasukan seperti pakaian dan sepatu lapangan.

Desa Lae Riman terpilih menjadi lokasi TMMD 100, setelah dilakukan pendataan ulang oleh masing-masing Koramil dan dinyatakan memenuhi kriteria untuk mendesak dibangun.

"Kami selalu mendukung Pemkab Aceh Singkil untuk mempercepat pembangunan daerah, termasuk memenuhi aspirasi masyarakat, yang saat ini sedang kita laksanakan," kata Dandim Kapti Hertantyawan.


Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017