Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menyatakan untuk pengembangan dan dan target kunjungan wisatawan, Aceh ditopang oleh sedikitnya 808 lokasi wisata yang menarik.

"Pemerintah terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana untuk semua kawasan wisata dalam upaya membuat nyaman para tamu yang berkunjung," kata Irwandi dalam pidato tertulis dibacakan Asisten II Setda Aceh, Syaiba Ibrahim di sela-sela membuka Rapat Kerja Nasional Himpunan Pramuwisata Indonesia, Rabu.

Ia menjelaskan ratusan objek wisata tersebut terdiri dari 426 diantaranya adalah kawasan wisata alam, 268 wisata budaya dan 114  jenis wisata minat khusus.

Menurut dia guna mendukung pengembangan sektor pariwisata di provinsi ujung paling barat Indonesia itu maka keberadaan pramuwisata juga sangat  penting untuk diperkuat.

Pemerintah Aceh berharap agar pelaksanaan Rakernas HPI di Aceh ini mampu menjadi pemicu dalam memperkuat keberadaan pramuwisata di Bumi Serambi Mekah ini.

Pihaknya mengimbau agar daerah lain yang telah sukses dalam pengembangan pramuwisata berkenan untuk berbagi pengalaman dengan Aceh, sehingga upaya meningkatkan sektor wisata dapat terwujud di masa mendatang.

"Kami yakin, dengan berbagi pengalaman, maka kemampuan yang dimiliki dapat dikembangkan di daerah Aceh. Dengan dukungan itu, kami yakin, Aceh akan mampu tampil menjadi salah satu tujuan wisata utama di kawasan Indonesia bagian barat," katanya.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat HPI, Sang Putu Subaya mengapresiasi dukungan Pemerintah Aceh dalam mendukung aktivitas DPD HPI Aceh serta mendukung pelaksanaan Rakernas ke-17 HPI di Aceh.

"Kami yakin, dengan dukungan dan kerjasama dari Pemerintah Aceh, maka cita-cita untuk memajukan pariwisata di Indonesia dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, khususnya di Aceh akan tercapai," katanya.

Ia menambahkan jika sektor wisata berkembang dengan baik, maka sektor usaha lain akan turut meningkat, sehingga aktivitas usaha masyarakat semakin menggeliat.  Rakernas Himpunan Pramuwisata Indonesia diikuti oleh delegasi dari 21 provinsi.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017