Meulaboh (ANTARA Aceh) - Para pelajar dari berbagai jenjang pendidikan memadati tenda penempatan alat sistem pertahanan (Alutsista) yang dipamerkan oleh Kodim 0105/Aceh Barat, Provinsi Aceh dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke-72 tahun 2017.

Komandan Kodim (Dandim) 0105/ Aceh Barat, Letkol Inf Herry Riana Sukma, di Meulaboh, Kamis mengatakan, TNI juga memperkenalkan cara penggunaan senjata ringan, sedang dan berat yang dipamerkan tersebut kepada pengunjung.

"Tujuan pameran Alutsista tersebut sebagai pengetahuan kepada para pelajar dan masyarakat agar mereka lebih mengenal persenjataan yang di gunakan oleh TNI dalam mempertahankan NKRI, khususnya di wilayah Aceh Barat," tuturnya.

Penggelaran Alutsista tersebut dalam rangka mengisi kegiatan untuk memeriahkan HUT TNI Ke-72 di Wilayah Kodim 0105 Aceh Barat, untuk hari puncak kegiatan perayaan dilaksanakan di Lapangan Teuku Umar Meulaboh, 5 Oktober 2017.

Alutsista yang ditampilkan itu adalah senjata yang digunakan pasukan Kodim 0105 Aceh Barat dan Yonif 116/ GS, seperti Mortil 60 Komando, Mortil Tampela, senjata Mesin Berat (SMB), Ultimek, Daewoo,  M 16 - A1, SS.2 V-1, Pistol P.1, Pistol P.2 dan FN.45, FN 46.

Melalui pameran tersebut diharapkan, kemanunggalan antara TNI dengan rakyat semakin kuat, sebagaimana tercatat dalam sejarah bahwa solidaritas prajurit dengan rakyat merupajan strategi yang tidak tertandingi dalam konsep pertahanan negara.

Pameran Alutsista itu mendapat respon sangat baik dari pihak sekolah yang ikut menyaksikan pameran senjata yang di tempatkan tidak jauh dari Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, lokasi itu hanya berjarak sekitar 200 meter dari markas Kodim 0105.

"Semoga bermanfaat bagi para pelajar Aceh Barat dan masyarakat dalam menambah ilmu pengetahuan terkait pertahanan Negara Indonesia dan asyarakat semakin yakin bahwa TNI siap menjaga kedaulatan NKRI," sebut Dandim Herry.

Salah seorang siswa MAN 1 Meulaboh, Teuku M Ali, yang diwawancarai di lokasi, menyampaikan, setingkat pendidikan mereka sudah harus mengenal persenjataan yang digunakan oleh TNI, sekaligus bisa menilai kekuatan persenjataan aparat menjaga NKRI.

"Saya berharap semoga ke depan senjata senjata milik TNI semakin baik lagi, karena TNI milik rakyat untuk menjaga Negara Ini dari gangguan musuh. Apalagi terlihat negara-negara luar sudah memiliki senjata canggih dalam menjaga negaranya," sebutnya.

Secara pribadi dirinya mengaku senang melihat persenjataan TNI di wilayah Kodim 0105 Aceh Barat itu, walaupun sedikit prihatin, ketika membandingkannya dengan kecanggihan senjata-senjata militer negara lain yang mereka lihat lewat tayangan media visual.

Pameran Alutsista berlangsung satu hari tersebut, dipadati pengunjung murid dan siswa dengan antusias bertanya kepada anggota Kodim yang menjaga Alutsista di tempat pameran dan mereka diberi kesempatan untuk memegang dan berswafoto.


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017