Sabang (ANTARA Aceh) - Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Sabang, Aceh mendukung kesuksesan perhelatan tahunan internasional Sail Sabang November 2017.

"Kami komit dan mendukung sukses event Sail Sabang, dalam Rancangan Anggaran Perubahan, pihak eksekutif juga sudah mengusulkan anggaran untuk pelaksanaan Sail Sabang ini," kata Wakil Ketua DPRK Sabang Afijal, di Sabang, Jumat.

Dia menyarankan, Panitia Sail Sabang di tingkat pusat (Kementerian Pariwisata), provinsi maupun daerah harus terus melakukan koordinasi agar persiapan event internasional itu berjalan sukses sebagaimana yang direncanakan.

"Sekarang terlihat koordinasi antara Panitia Sail Sabang terputus dan sampai sekarang belum ada sekretariat resmi Sail Sabang, padahal kengiatannya tinggal didepan mata," ujarnya lagi.

Sail Sabang akan digelar dari 28 November sampai dengan 5 Desember 2017 dan mengangkat tema "Sabang Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia".

Sail Sabang rencananya akan dipusatkan pada empat lokasi, yakni Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan Kilometer Nol, dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada 2 Desember 2017.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta perhelatan Sail Sabang 2017 yang akan digelar akhir tahun ini bisa disiapkan lebih awal agar pelaksanaannya lebih sukses.

Luhut dalam rapat koordinasi Sail Sabang 2017 di Jakarta mengatakan, pemerintah ingin acara layar berstandar internasional ini bisa berjalan baik dan profesional.

"Persiapan Sail Sabang tadi kita sudah bicara teknis, mulai dari pembagian pekerjaannya, kita ingin lebih awal jadi lebih baik persiapannya," katanya pula.

Mantan Menko Polhukam itu juga mengatakan, banyak potensi wisata yang bisa dijual kepada wisatawan di wilayah paling barat Indonesia tersebut
    
Terlebih, infrastruktur di Sabang juga memungkinkan kapal-kapal untuk bisa bersandar karena kedalamannya mencapai 20 hingga 30 meter.

"Memang lebih baik di Sabang karena kedalaman lautnya sampai 20-30 meter. Sama seperti Lembata di NTT saya kira bagus," ujarnya lagi.

Luhut mengaku tidak ingin perhelatan Sail Sabang 2017 seperti halnya Sail Karimata 2016 yang dinilainya berantakan. Ia mengaku kecewa dengan acara Sail Karimata di Kayong Utara, Kalimantan Barat, menurut dia kurang tertata dengan baik.

Sail Indonesia sebelumnya diadakan di Morotai, Maluku Utara pada  2012, Komodo, Nusa Tenggara Timur pada 2013, Raja Ampat, Papua Barat pada 2014, dan Sail Tomini, Sulawesi Tengah pada Oktober 2015, dan 28 November sampai 5 Desember 2017 akan berlangsung di Sabang, Aceh.


Pewarta: Sabang

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017