Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Tm SAR Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, meningkatkan pemantauan pesisir pantai untuk mengantisipasi kemungkinan buruk akibat cuaca yang kurang bersahabat.

Wakil Komandan SAR Aceh Utara Hasbullah di Lhokseumawe, Selasa mengatakan, sekarang sedang musim angin barat dimana kondisi cuaca yang berangin dan arus air laut juga kencang.

"Untuk itu, kita tingkatkan pemantauan di pinggiran pantai agar dapat segera bertindak apabila ada kejadian yang tidak diinginkan," ungkap Hasbullah.

Lanjutnya, sasaran utama kegiatan pemantauan adalah para pengunjung di pantai dan juga nelayan apabila terjadi kecelakaan di laut.

"Setiap hari Sabtu dan Minggu saat musim laut seperti ini, kita lakukan pemantauan terhadap kawasan pesisir pantai, terutama yang banyak pengunjungnya, karena potensi bahaya sangat besar apabila dalam keadaan seperti sekarang," jelas Hasbullah lagi.

Sebutnya, setiap turun ke lokasi untuk melakukan pemantauan dan juga pengawasan keselamatan, jumlah personil SAR yang teribat sebanyak 12 orang, serta dilengkapi dengan kendaraan rubber boat dan baju pelampung.

Ia mengimbau kepada masyarakat supaya lebih berhati-hati jika ingin berenang atau bermain di sekitar pantai, karena kondisi musim angin barat arusnya kuat dan dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017