Blangpidie (ANTARA Aceh) - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, menanam ratusan pohon pinus untuk mendukung program penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, November 2016.

Kapolres Abdya, AKBP Andy Hermawan di Blangpidie, Selasa mengatakan, selain pohon pinus, juga ditanam ratusan pohon mangga super di perkarangan Mapolres Abdya yang berlokasi di komplek perkantoran Pemkab di kawasan bukit hijau Desa Keude Paya, Kecamatan Blangpidie.   
    
"Program tanam pohon yang kami lakukan hari ini dalam rangka menjalankan intruksi Kapolri untuk mendukung program penanaman 1 miliar pohon yang dicanangkan Presiden. Makanya kami tanam pohon pinus dan mangga unggul super ini," ujarnya.

Andy Hermawan menjelaskan, pihaknya memilih jenis bibit pohon mangga dan pinus untuk ditanam di komplek Mapolres yang luasnya sekitar lima hektare tersebut karena pohon jenis tersebut bisa bermanfaat, baik batangnya maupun menghasilkan buahnya.

"Selain untuk menghasilkan buah, program tanam pohon yang kami lakukan ini juga sebagai upaya polisi untuk memberikan contoh pada masyarakat agar warga dapat memanfaatkan lahan yang ada di perkarangan rumah masing-masing dengan menanam pohon produktif," katanya.

Andy berkata, program tanam pohon di areal kebun maupun di perkarangan rumah masyarakat sangat penting dilakukan oleh seluruh warga  dengan cara berniat untuk bersedekah kepada generasi bangsa sekaligus penghijauan alam sebelum hari kiamat tiba.

"Jika seandainya besok hari kiamat tiba, kalau bisa sebelumnya kita sudah menanam pohon. Artinya apa, bahwa menanam pohon ini sangat penting kita lakukan, gunanya untuk generasi bangsa kita berikutnya, dan kita niatkan untuk sedekah," ujarnya.

Andy berharap, bagi orang-orang yang masih melakukan penebangan liar di hutan belantara untuk segera dihentikan, karena hasil yang didapatkan dari itu hanya dinikmati sesaat selanjutnya generasi berikutnya yang akan menanggung akibatnya ketika bencana alam tiba.    
    
"Saya berharap, dengan adanya program tanam pohon di komplek Mapolres ini dapat menggugah hati masyarakat untuk aktif menanam pohon di perkarangan rumah masing-masing, dan bagi orang-orang yang melakukan penebangan liar di hutan untuk segera dihentikan. Kasihani generasi bangsa kita ke depan," katanya.

Amatan di lapangan, acara tanam pohon tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan bersama Bupati Abdya Akmal Ibrahim, dihadiri oleh Ketua DPRK Abdya, Zaman Akli, Dandim 0110 Abdya Letkol Inf Puji Hartono, Kajari Abdya Abdur Kadir dan Wakil Bupati Abdya Muslizar.


Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017