Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Seekor gajah sumatra ditemukan mati di Gampong Lhok Glumpang, Kecamatan Setia Baksi, Kabupaten Aceh Jaya.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo di Banda Aceh, Jumat, bangkai gajah tersebut ditemukan sudah dalam keadaan rusak. Gajah mati tersebut ditemukan di kebun masyarakat.

"Bangkai gajah ditemukan warga dan dilaporkan kepada kami pada Kamis (2/11) pagi. Siangnya, tim BKSDA, personel Polsek dan Koramil serta CRU Sampoinet, berangkat menuju lokasi temuan gajah mati," kata Sapto Aji Prabowo.

Hasil pemeriksa lapangan, kata dia, gajah berjenis kelamin betina. Usia diperkirakan 10 tahun. Perkiraan kematian berkisar tiga hingga empat minggu sebelum bangkai gajah ditemukan.

Sapto Aji menyebutkan, di bangkai gajah ditemukan satu caling sepanjang 29 centimeter, diameter pangkal caling 3,5 centimeter dengan ujungnya dua centimeter.

"Kondisi bangkai gajah saat ditemukan sangat memprihatinkan. Tidak ditemukan sisa kotoran gajah yang bisa dianalisa. Di sekitar temuan bangkai, tidak ditemukan sisa racun, pupuk, dan lainnya," kata dia.

Sapto Aji Prabowo menyebutkan, lokasi temuan bangkai gajah datar dan berumput. Dan ada kemungkinan besar, kematian gajah karena sebab tidak wajar.

"Tim BKSDA melakukan visum guna memastikan penyebab kematian gajah. Kami juga membuat laporan kepolisian ke Polsek Setia Bakti, Aceh Jaya, untuk pengusutan lebih lanjut," kata Sapto Aji Prabowo. 

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017